Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.391Keywords:
Gadget, Development, Early ChildhoodAbstract
Abstract
This research aims to describe the impact of gadget use on early childhood development. A gadget is a small mechanical or electronic device that has a practical use, often considered a unique item. Gadgets have various interesting features and applications that everyone likes, both old, young, teenagers and even children. The use of gadgets in early childhood can have a significant impact on their development. The research method used is SLR (Systematic Literature Review). Data collection was obtained from journals, articles, books and other written sources. The research results show that gadgets have an impact on early childhood development, both positive and negative impacts. Therefore, the use of gadgets by young children requires supervision from adults who can provide appropriate limits.
Keywords: Gadget; Development; Early Childhood
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Gadget adalah perangkat mekanis atau elektronik kecil yang memiliki kegunaan praktis, sering kali dianggap sebagai barang unik. Gadget memiliki berbagai fitur dan aplikasi menarik yang disukai semua orang baik dari kalangan tua, muda, remaja bahkan anak-anak. Penggunaan gadget pada anak usia dini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data diperoleh dari jurnal, artikel, buku dan sumber tertulis lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memberikan dampak terhadap perkembangan anak usia dini, baik dampak positif maupun dampak negatif. Oleh karena itu, penggunaan gadget oleh anak kecil memerlukan pengawasan dari orang dewasa yang dapat memberikan batasan yang sesuai.
Kata kunci: Gadget; Perkembangan; Anak Usia Dini
References
Batubara, Maryam., D. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini, Communnity Development Journal. Communnity Development Journal, 4(4), 7429–7435. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18970
Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315
Hikmaturrahmah, H. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 191–218. https://doi.org/10.24239/msw.v10i2.524
Khaira, M. (2021). The Effectiveness of Crossword Puzzle in Improving Mufradat Skills. Tanwir Arabiyyah: Arabic As Foreign Language Journal, 1(2), 55–62. https://doi.org/10.31869/aflj.v1i2.2864
Kitchenham, B., dkk. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Review in Software Engineering. EBSE Technical Report.
Mardalena, K., Yuhasriati, & Amalia, D. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kegiatan Bermain Balok di PAUD Nurul Hidayah Lampuuk Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36–45.
Marinding, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone. Honoli Journal Teacher of Primary Educations, 1(1), 17–25.
Mayar, S. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9769–9775. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2236
Mil, S., & Shanzivani, S. (2023). Pengaruh Bermain Smartphone Terhadap Agresivitas Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 203–217. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15867
Mimin Elka. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 558–568. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6462
Musdalifa, Deby Habja, ahmad L. & R. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Tk Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Pulau Mainan Dharmasraya. Jurnal Eduscience, 9(2), 350–367.
Oktaviani, Fungku., D. (2023). Analisis Dampak Radiasi Gadget Terhadap Perkembangan Motorik Dan Kognitif Anak. Jurnal Golden Age, 7(1), 74–80. https://doi.org/.https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.17459
Pratama, M. R. & N. S. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Journal of Art, Humanity & Social Studies, 3(5), 136–143.
Rahayu, Nur Sri., Elan., S. M. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 202–210.
Rompas, C. A., & Wijayanti, T. D. (2023). Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Syawalia, G. F. F., Rahman, T., & Giyartini, R. (2022). Studi Literatur: Media Pembelajaran Yang Digunakan Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 510–521. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11919
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Tamelab, M. F. (2023). ANALISIS DAMPAK GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK PAUD USIA 3 TAHUN. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 50–56. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i1.64
Yulsyofriend, A. & Y. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.3.1.67-80
Yumarni, V. (2022). PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI. Jurnal Literasiologi, 8(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369
Yusuf, A. M. (2005). Metodologi Penelitian. UNP Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.