School and Community Environmental Mitigation of Child Play Safety
Mitigasi Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Terhadap Keselamatan Bermain Anak
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1371Keywords:
Early Childhood Safety, Teachers' and Parents' Knowledge, Preventive Injury ActionsAbstract
Abstract
Accidents involving young children, both at home and at school, continue to increase. One of the causes is the lack of safe play facilities and the overprotective attitude of parents. This study aims to examine the relationship between teachers' and parents' knowledge of injury risks and the preventive actions they take to protect children during physical activities. The research method uses a quantitative approach with a correlational method, involving observation, structured interviews, and questionnaires. Data were analyzed using validity tests, reliability tests, and classical assumption tests through SPSS. The results of the study show a positive correlation between teachers' and parents' knowledge and the implementation of preventive measures, such as close supervision, the use of protective equipment, and preparedness in dealing with emergencies. Basic knowledge of first aid and cooperation between teachers, parents, and medical staff proves to create a safer environment. In conclusion, good knowledge of injury risks enables teachers and parents to be more proactive in preventing injuries, thereby creating a safe play environment that supports children's optimal development.
Abstrak
Kecelakaan pada anak usia dini, baik di rumah maupun sekolah, terus meningkat. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya fasilitas bermain yang aman dan sikap protektif orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pengetahuan guru dan orang tua tentang risiko cedera dengan tindakan preventif yang mereka ambil untuk melindungi anak dalam aktivitas fisik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, melibatkan observasi, wawancara terstruktur, dan angket yaitu Guru PAUD/TK, Kepala sekolah PAUD/TK, Orang tua peserta didik, dan Masyarakat sekitar lingkungan sekolah atau tempat tinggal anak. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara pengetahuan guru dan orang tua dengan penerapan langkah preventif, seperti pengawasan ketat, penggunaan peralatan pelindung, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat. Pengetahuan dasar P3K dan kerjasama antara guru, orang tua, serta petugas medis terbukti mendukung terciptanya lingkungan yang lebih aman. Simpulannya, pengetahuan yang baik tentang risiko cedera memungkinkan guru dan orang tua lebih proaktif dalam mencegah cedera, sehingga menciptakan lingkungan bermain yang aman dan mendukung perkembangan anak secara optimal.
Kata kunci: Keselamatan Anak Usia Dini; Pengetahuan Guru dan Orang Tua; Tindakan Preventif Cedera
References
Afrianti, N. P., & Munawaroh, H. (2023). Dampak Sikap Over Protective Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Di Desa Wonokampir Kecamatan Watumalang. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 62–66. https://doi.org/10.56997/pgmi.v1i2.994
Amurwonegoro, A. (2020). Ribuan Anak Usia Dini Alami Kecelakaan di Lingkungan Bermain, Prodi Farmasi Unud Beri Pelatihan.
Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110–127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246
Arum Sari, N., & Endiyono. (2023). Pengaruh Pemberian Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Dengan Media Buku Pop Up Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 558–563.
Biomi, A. A., Meykko, W., & Sutjana, I. D. P. (2020). Gambaran Faktor Resiko Terjadinya Kecelakaan Pada Alat Bermain Outdoor Murid TK Dharmapatni Denpasar. Bali Health Journal, 4(1), 512–517.
Candry, N., Herlina, & Yufitriana Amir. (2023). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Risiko Cedera dan Pengalaman Cedera pada Anak Usia Sekolah. Health Care: Jurnal Kesehatan, 12(1), 144–150. https://doi.org/10.36763/healthcare.v12i1.373
Eaude, T. (2019). The role of culture and traditions in how young children’s identities are constructed. International Journal of Children’s Spirituality, 24(1), 5–19. https://doi.org/10.1080/1364436X.2019.1619534
Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships in teachers’ professional work. Journal of Education for Teaching, 44(3), 397–406. https://doi.org/10.1080/02607476.2018.1465669
Erlianty, A., & Mutiari, D. (2023). Potensi Keamanan Bagi Anak Di Playground Ra Dusun Blagungan Sebagai Kawasan Pendidikan. Siar Iv 2023 : Seminar Ilmiah Arsitektur, 20–29.
Farida Rohayani, Wahyuni Murniati, Tirta Sari, & Annida Ramdhani Fitri. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7316
Gao, M., Zhu, X., & Cheng, X. (2024). Safety – Premise for play: Exploring how characteristics of outdoor play spaces in urban residential areas influence children’s perceived safety. Cities, 152, 105236. https://doi.org/10.1016/j.cities.2024.105236
Hani, A. S., Sari, A. S., Ismiatun, A. N., Nada, M. K., & Aszari, S. A. (2024). Studi Analisis Permasalahan Permainan Outdoor Di Taman Kanak—Kanak Negeri Pembina Muara Bulian. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 01(03), 472–476.
Hasanah, U., Fauzia, W., Kaswati, A., Rahayu, S. H., & Zilfa, R. (2024). Kelengkapan Sarana Prasarana Pada Kelompok Bermain Menuju Lingkungan Ramah Anak. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 57–70. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.2234
Hindayanti, R. B., Aprily, N. M., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pedagogik, D., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2022). Edukids volume 19 (1) tahun 2022 | 70. 19(229).
Hutapea, P. R., & Usiono. (2023). Pertolongan Pertama Luka pada Anak. Journal Pendiidkan Tambusai, 7(3), 31230–31235.
Johnson, M. S., Skjerdingstad, N., Hoffart, A., Ebrahimi, O. V., & Johnson, S. U. (2024). Triggered by worry: A dynamic network analysis of COVID-19 pandemic-related anxiety and parental stress. Journal of Affective Disorders, 346, 329–337. https://doi.org/10.1016/j.jad.2023.10.127
Khomaeny, E. F. F., Ulfah, M., & Hamzah, N. (2020). Pengaruh Aktivitas Fisik Dan Lingkungan Alamiah Bagi Daya Tahan Tubuh Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 234. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.6206
Kılıç, N., & Şimşek, N. (2019). The effects of psychological first aid training on disaster preparedness perception and self-efficacy. Nurse Education Today, 83, 104203. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.104203
Maharani Ratna, A., Firda, A., & Sadik Islami, F. (2024). Desain Ruang Bermain Ramah Anak Pada PAUD Pelangi di Kota Palembang. Ikra-Ith Abdimas, 8(2), 174–178. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i2.3177
Majidah, K., Aquila Fawaz, R., & Adelina Ritonga, H. (2023). Perilaku Overprotektif Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Pada Usia Remaja. 1(1), 81–92.
Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030
Meyer, M. R. U., Bridges, C. N., Schmid, T. L., Hecht, A. A., & Pollack Porter, K. M. (2019). Systematic review of how Play Streets impact opportunities for active play, physical activity, neighborhoods, and communities. BMC Public Health, 19(1), 335. https://doi.org/10.1186/s12889-019-6609-4
Miconi, D., Beeman, I., Robert, E., Beatson, J., & Ruiz-Casares, M. (2018). Child supervision in low- and middle-income countries: A scoping review. Children and Youth Services Review, 89, 226–242. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.04.040
Naser, W. N., & Saleem, H. B. (2018). Emergency and disaster management training; knowledge and attitude of Yemeni health professionals- a cross-sectional study. BMC Emergency Medicine, 18(1), 23. https://doi.org/10.1186/s12873-018-0174-5
Oktaviani, E., Feri, J., & Susmini. (2020). Pelatihan Pertolongan Pertama Kasus Kegawatdaruratan Di Sekolah Dengan Metode Simulasi. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 403–413.
Rachmadini, A. D., Fajriyah, L., Maulida, L. R., Nuryanto, N. F. P., Purwanto, R. A., Mukminin, A., & Sumanto, R. P. A. (2023). Sosialisasi Penanganan Pertama Luka Terbuka Pada Anak Usia Dini Di Faidhul Ulum, Gunungpati, Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(4), 18–23. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i4.23
Risdiana Chandra Dhewy. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Kelompok Bermain Melalui Kegiatan Outbound. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 6017–6022. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4562
Sandseter, E. B. H., Cordovil ,Rita, Hagen ,Trond Løge, & and Lopes, F. (2020). Barriers for Outdoor Play in Early Childhood Education and Care (ECEC) Institutions: Perception of Risk in Children’s Play among European Parents and ECEC Practitioners. Child Care in Practice, 26(2), 111–129. https://doi.org/10.1080/13575279.2019.1685461
Sary, R. K., Angrini, S. N., & Jaya, M. A. (2022). Evaluasi Taman Kelengkeng di Kota Palembang Berdasarkan Delapan Prinsip Ruang Bermain Ramah Anak. Arsir, 6(1), 69. https://doi.org/10.32502/arsir.v6i1.4689
Shah, A. A., Gong, Z., Pal, I., Sun, R., Ullah, W., & Wani, G. F. (2020). Disaster risk management insight on school emergency preparedness – A case study of Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. International Journal of Disaster Risk Reduction, 51, 101805. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101805
Siregar, I., & Sriyolja, Z. (2020). Rancangan ruang bermain anak yang kreatif dan edukatif dengan pemanfaatan lahan fasilitas umum. Dinamika Lingkungan Indonesia, 7(2), 111. https://doi.org/10.31258/dli.7.2.p.111-115
Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852
Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2020). Metode Pembelajaran Dalam Pengenalan Dan Pembiasaan Perilaku Kesehatan Dan Keselamatan Pada Anak Usia Dini. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2, 593–597. https://doi.org/10.36002/snts.v2i1.1029
Susilo, H. M., Wachdin, F. R., & Andayani, S. (2024). Edukasi Pertolongan Pertama Kecelakaan Pada Anak. 1(11), 1793–1796.
Sutafti, S., & Rasyid, H. Al. (2022). Pengaruh Perilaku Over Protective Orang Tua Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4128–4138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2509
Syella Rompis, A., Isti Daryati, E., & Surianto, F. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENCEGAHAN CEDERA PADA TODDLER DI KELURAHAN PASEBAN JAKARTA PUSAT. Carolus Journal of Nursiing, 4(1), 0–6.
Timpal, C., Nelwan, J. I., Kristen, U., & Tomohon, I. (2023). Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin Kerja Sama Orang Tua Siswa dan PAUD Bukit Zaitun Walian Dua. 1(2), 84–92.
Tuckel, P., Milczarski, W., & Silverman, D. G. (2018). Injuries Caused by Falls From Playground Equipment in the United States. Clinical Pediatrics, 57(5), 563–573. https://doi.org/10.1177/0009922817732618
van Rooijen, M., Lensvelt-Mulders ,Gerty, Wyver ,Shirley, & and Duyndam, J. (2020). Professional attitudes towards children’s risk-taking in play: Insights into influencing factors in Dutch contexts. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 20(2), 138–154. https://doi.org/10.1080/14729679.2019.1568893
Widiyana, E. (2022). Angka Kecelakaan Terus Naik, 350 Anak di Surabaya Diedukasi Sejak Dini.
Wulandari, N. A., Fanani, Z., & Prayogi, B. (2022). Buku Ajar Pertolongan Pertama Pada Anak Sakit. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.