Early Childhood Literacy Stimulation by Parents (Systematic Literature Review)
Stimulasi Literasi Anak Usia Dini Oleh Orang Tua (Systematic Literatur Review)
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1380Keywords:
Role of Parents, Literacy, Early ChildhoodAbstract
Abstract
Parental involvement in their children's activities refers to literacy activities where parental behavior interacts with children's literacy learning. The purpose of this study was to identify concepts, target populations, and analysis results that were the focus to clarify the characteristics of studies in previous studies on parental stimulation of early childhood literacy development. The methodology applied was a literature review using the PICO framework, then continued with the selection stage using the PRISMA approach to analyze articles based on inclusion and exclusion criteria from publications in 2015-2024, resulting in 13 articles that were analyzed thematically. Data collection was carried out secondary through online reference sources from Google Scholar, PubMed, and ScienceDirect as part of a comprehensive search. Research results. Parents play a role in early childhood literacy, namely as Modeling, Mentoring, Organizing and Teaching. With literacy skills, namely Print Motivation, Phonological Awareness, Vocabulary, Narrative Skill, Print Awareness and Letter Knowledge. The stimulation carried out includes reading books, interpreting words, naming objects, imitating words, word games, inviting children to buy books, interpreting symbols encountered incidentally, reading writing, introducing letters, interpreting pictures, naming family members, listening to children's stories, asking children's opinions, singing and so on.
Abstrak
Keterlibatan orang tua dalam aktivitas anak-anak mereka mengacu pada aktivitas literasi di mana perilaku orang tua berinteraksi dengan pembelajaran literasi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi konsep, populasi target, serta hasil analisis yang menjadi fokus untuk memperjelas karakteristik studi dalam penelitian sebelumnya mengenai stimulasi orang tua terhadap perkembangan literasi anak usia dini. Metodologi yang diterapkan adalah kajian literatur dengan menggunakan kerangka PICO, kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi menggunakan pendekatan PRISMA untuk menganalisis artikel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dari publikasi tahun 2015-2024, menghasilkan 13 artikel yang dianalisis secara tematik. Pengumpulan data dilakukan secara sekunder melalui sumber referensi daring dari Google Scholar, PubMed, dan ScienceDirect sebagai bagian dari pencarian yang komprehensif. Hasil penelitian. Orang tua berperan dalam lietrasi anak usia dini yaitu sebagai Modelling, Mentoring, Organizing dan Teaching. Dengan keterampilan literasi yaitu Print Motivation, Phonological Awareness, Vocabulary, Narrative Skill, Print Awareness dan Letter Knowledge. Stimulasi yang dilakukan yaitu membacakan buku, mengartikan kata, menyebutkan nama benda, menirukan kata, permainan kata, mengajak anak membeli buku, mengartikan simbol yang ditemui secara incidental, membaca tulisan, mengenalkan huruf, memaknai gambar, menyebutkan anggota keluarga, mendengarkan cerita anak, meminta pendapat anak, bernyanyi dan sebagainya.
Kata kunci: Peran orang tua; Literasi, Anak Usia Dini
References
Afifah, S. N., & Chasanatun, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada TK di Kecamatan Kartohajro Kota Madiun.
Annas, A. N., Baguna, I., Abdjul, S. P., Aeril, I., Yusuf, M., Asipu, S., & Kobandaha, F. (2024). Tantangan dan Solusi Orang Tua dalam Membangun Kecakapan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 2(3). https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.476
Annisa, F., & Eliza, D. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Selama Covid-19 Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakra
Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid -19. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 4(2), 113–127.
Baker, C. E. (2013). Fathers’ and Mothers’ Home Literacy Involvement and Children’s Cognitive and Social Emotional Development: Implications for Family Literacy Programs. Applied Developmental Science, 17(4), 184–197. https://doi.org/10.1080/10888691.2013.836034
Dewi, M., & Maharani, E. A. (2023). Peran Pendampingan Orang Tua dalam Keterampilan Berbicara Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 251–259. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.507
Hapidin, Pujianti, Y., & Dhieni, N. (2024). Apa yang Dipikirkan Orang Tua : Perspektif Kesiapan Sekolah. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 334–350. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1083
Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706
Hume, L. E., Lonigan, C. J., & Mcqueen, J. D. (2015). Children’s literacy interest and its relation to parents’ literacy-promoting practices. Journal of Research in Reading, 38(2), 172–193. https://doi.org/10.1111/j.1467-9817.2012.01548.x
Insani, R. P., & Muryanti, E. (2021). DUKUNGAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI ANAK DI RUMAH PADA MASA NE. Jurnal Islam Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 135–142.
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06
Kosegeran, H. B., Yudi Ismanto, A., & Babakal, A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini Denganperkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Ranoketang Atas. Ejournal Keperawatan, 1(1), 1–8.
Kusumawardhani, T., Dhieni, N., & Yetti, E. (2025). Pengaruh Literasi Rumah terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Prasekolah. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 13–23. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1119
Lamadang, P. K., Poku, A., Sutari, Susanti, A. P., Maladjai, N., & Nurung, H. (2024). 2024, Lamadang. Aulad : Jurnal on Early Chilldhood, 7(2), 671–677.
Liu, D., Chen, D., & Brown, B. B. (2020). Do Parenting Practices and Child Disclosure Predict Parental Knowledge? A Meta-Analysis. Journal of Youth and Adolescence, 49(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10964-019-01154-4
Meilasari, D., & Diana, R. R. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(1), 41. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6364
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., Antes, G., Atkins, D., Barbour, V., Barrowman, N., Berlin, J. A., Clark, J., Clarke, M., Cook, D., D’Amico, R., Deeks, J. J., Devereaux, P. J., Dickersin, K., Egger, M., Ernst, E., Gøtzsche, P. C., … Tugwell, P. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097
Mukhlis. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Bidang Literasi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 405–415.
Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B Di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 3, 246–256.
Oktaviani, C., & Oktaria, R. (2021). The Role of Parents in Developing Early Literacy in Children Aged 4-6 Years. Jurnal Manajemen Mutu …, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.23960/jmmp.v9.i2.2021.01
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 07(1), 64–76.
Pancarrani, B., Amroh, I. W., & Noorfitrian, Y. (2017). Peran Literasi Orang Tua Dalam Perkembangan Anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 23–27.
Rahmasari, M. S., N, Oriza, I., & Ali Fikri, A. (2014). ADAPTASI Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan POLA LITERASI ORANG TUA MELAHIRKAN STRAWBERRY GENERATION KREATIF. Adaptasi: Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 1(2), 16–34.
Sirait, R., & Damanik, S. H. (2024). The Role of Parents in Developing the Speaking Skills of Children Aged 5-6 Years in Sei Belutu Village. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 3(2), 137–146. https://doi.org/10.55927/ajae.v3i2.8813
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif. Forum Ilmiah, 19, 77.
Sitio, F. E., & Anggriani, V. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Literasi Dini Anak Di Desa Banturung Kecamatan Bukit Batu. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(11), 64–72.
Solichah, N., & Fardana, N. A. (2023). Analysis of Parental Involvement in Early Literacy in Malang, Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4441–4450. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4992
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453
Ulfadilah, N., & Setiasih, O. (2024). Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 351–358. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1062
Wachidah, L. R., & Putikadyanto, A. P. A. (2024). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Ramah Anak pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 207–218. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.12773
Yunita, N., & Apriliya, S. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga Dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak Di Rumah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 97–108. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i1.53050
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.