Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project through Market Day Activities in Shaping the Character of Gotong Royong for 5-6 Year Old Children
Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Market Day Dalam Membentuk Karakter Gotong Royong Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1677Keywords:
Pancasila Student Profile Strengthening Project, Market Day, Mutual CooperationAbstract
Abstract
This research explores the implementation of project-based learning at Dharma Wanita Demangan Kindergarten to cultivate the Pancasila student profile, specifically focusing on instilling mutual cooperation from an early age. The study posits that such learning strengthens positive social character through immersive experiences, potentially shaping children's future social interactions. Employing a qualitative descriptive approach, data was collected via observations of the principal, a teacher, and student learning, alongside interviews and documentation of the teaching process.The analysis involved data collection, reduction, presentation, and conclusion drawing. Findings indicate that the Market Day project was successfully implemented and fostered elements of mutual cooperation among children. This success was attributed to student enthusiasm, parental support, and the teacher's creative teaching methods. However, the study also identified the dominance of certain children as a challenge requiring teacher intervention to ensure equitable participation.Ultimately, this research contributes to understanding the practical application of project-based learning in early childhood education to enhance the Pancasila student profile, particularly in nurturing mutual cooperation. It also highlights key factors influencing the effectiveness of such initiatives.
Abstrak
Pembelajaran berbasis proyek penguatan profil Pancasila yang menanamkan nilai gotong royong sejak dini akan memperkuat karakter sosial positif pada anak melalui pengalaman belajar yang mendalam.Hal ini, dapat berpengaruh penting pada kondisi sosial anak di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan Market Day di TK Dharma Wanita Demangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kepada kepala sekolah, satu orang guru dan proses pembelajarran yang diikuti oleh peserta didik, wawancara kepada kepala sekolah dan satu orang guru, dan dokumentasi terhadap prroses belajar mengajar. Analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Penerapan proyek Market Day berjalan baik dan mengembangkan elemen gotong royong pada anak, didukung antusiasme, orang tua, dan kreativitas guru, meskipun dominasi beberapa anak menjadi hambatan yang perlu diatasi guru. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang praktik implementasi pembelajaran berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada anak usia dini, khususnya dalam menanamkan nilai gotong royong, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya.
Kata kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Market Day; Gotong royong
References
Afipah, H., & Imamah, I. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456
Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Pendais, 3(1).
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Aprily, N. M., Rosidah, A. K., & Hashipah, H. (2023). Maaf, Terima Kasih, Tolong Dan Permisi: Empat Kata Ajaib Dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123–132. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8312
Aslindah, A., & Pratiwi, Y. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Moral Anak Usia Dini di TK Al Mardhiyyah Samarinda. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1139–1148. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.981
Boiliu, E. R. (2023). Dimensi Pengembangan Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v1i2.358
DALAM, P. S. G. R., & GROBOGAN, K. E. P. D. S. 3 K. (2016). Djamari.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Farhana, G., & Cholimah, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137–148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5370
Faridatus Sania, N., Meganesia, V., Hidayah, S. R., Pebrian, M., Kiptiyah, S. M., & Semarang, U. N. (2024). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Siswa Kelas IV di SDN Tugurejo 03 Semarang. Analisis Karakter Gotong Royong, 2(5), 484–490.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Khasna, F., & Zulfahmi, M. N. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Penerapan Media Buku Pop-Up. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(2), 40. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2673
Kristiana, D. (2016). 2 JI II (I) (2017) INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Kesenian Reyog Ponorogo. I, 12–27.
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhassanah, aini, Nur Rizal, M., & Inayah, S. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di TPA Raudhotul Jannah. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 2024–2045.
Muzzamil, F. (2024). Implementasi P5 Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Market Day di TK Laboratorium UPI Cibiru Bandung. 3(1), 54–64.
Nazarudin, M. (2018). Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang. Intizar, 24(2), 9–16. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i2.3259
Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940
Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 373–386. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318
Parwanti, P., Kristiana, D., & Rusdiani, N. I. (2024). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Kemandirian melalui Projek Senangnya Menanam Toga. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3523–3528. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3869
Putri, Z. (2020). Kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3040.
Rani Puspa Juwita, R. P. J. (2022). Penerapan Kegiatan Market Day Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Mina Aceh Besar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 78–88. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6528
Riki, A., Sihombing, D., Sianturi, A., Butar-butar, F. K., & Surip, M. (2024). Peran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan di era globalisasi. 3.
Rositi, H. A. S. (2022). Dinamika Perilaku Berbagi Anak Usia Dini Di Tk Tunas KusumaBandar LampungTahun Pelajaran 2021/2022. Early Child Research and Practice -ECRP, 1(1), 1–8.
Sari, D. C., & Muthmainnah, M. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Membatik Ecoprint. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6005–6016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5266
Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674
Sosial, B., & Dalam, B. (2023). O f a h. 4, 476–491.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sulaiman, S., Nurmasyitah, N., Affan, M. H., & Khalisah, K. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Anak. Jurnal Pesona Dasar, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.24815/pear.v10i2.28394
Thowilah, T., & Hoiriyah. (2024). Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 58–59.
Wulandari, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Gempuran.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.924
Y, N., & A, M. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1).
Zulaeni, S. (2019). Analisis Nilai Karakter Disiplin Melalui Permainan Tradisional Boin-Boin di TK Kartini Dempet Kelas A Tahun Ajaran 2018/2019. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4630
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.