Analysis of the Use of Conversation Methods to Stimulate Children's Speaking Skills in Group A
Analisis Penggunaan Metode Bercakap-Cakap Untuk Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.2168Keywords:
Speaking Ability, Conversation Methods, Early ChildhoodAbstract
Abstract
The background of this study is children's speaking ability. Based on observations obtained: 1) Children are not yet able to answer simple questions given by the teacher. 2) Children feel embarrassed when speaking in front of their friends. 3) Children do not yet dare to express their ideas and opinions. This type of research uses Classroom Action Research. The data source of this study is based on informants and notes. The informants in this study were the principal and teachers of group A. The research subjects were 14 people. The data in this study were obtained through observation, interviews, and documentation. The results of the study showed that through the use of the Conversation Method, it can stimulate children's speaking ability such as children being able to use simple sentences in interacting, children being able to repeat stories with simple sentences, children being able to express ideas well, children being able to answer questions, enrich vocabulary, and being able to carry out 2-3 commands in sequence correctly. The suggestion that can be conveyed is that the role of parents and teachers is very important for children's speaking ability, so appropriate stimulation is needed.
Abstrak
Kemampuan berbicara penting sekali dimiliki oleh anak, karena dengan memiliki kemampuan berbicara, maka anak akan mampu melakukan komunikasi dengan lingkungan sekitar. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak. berdasarkan observasi diperoleh: 1) Anak belum mampu menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan guru. 2) Anak merasa malu ketika berbicara di depan teman – temannya. 3) Anak belum berani mengungkapkan ide dan pendapatnya. Jenis penelitian ini menggunakan Penetian Tindakan Kelas. Sumber data dari penelitian ini berdasarkan informan dan catatan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok A. Subjek penelitian sebanyak 14 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan Metode Bercakap-cakap dapat menstimulasi kemampuan berbicara pada anak seperti halnya anak mampu menggunakan kalimat sederhana dalam berinterkasi, anak mampu mengulang cerita dengan kalimat sederhana, anak mampu mengungkapkan ide dengan baik, anak mampu menjawab pertanyaan, memperkaya perbendaharaan kosakata, mampu melaksanakan 2-3 perintah secara berurutan dengan benar. saran yang dapat disampaikan adalah peran orangtua dan guru sangat penting bagi kemampuan berbicara anak, maka diperlukan stimulasi yang tepat.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara; Metode Bercakap-Cakap; Anak Usia Dini
References
Adawiyah, A., Hanifa, F., & Astarie, A. D. (2023). Efektivitas Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di Tkit Edelweis Serang Tahun 2022 (Vol. 2, Issue 5).
Aini, N. ’, & Devianti, R. (N.D.). Metode Bercakap-Cakap: Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Https://Doi.Org/10.46963/Mas
Amini, N. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. 09(02), 199–129. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V9i1.6702
Dhea Alfira, & Siregar, Mhd. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15. Https://Doi.Org/10.47134/Paud.V1i4.641
El Rahmah, W., & Ray, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Istiqomah Medan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(1), 13–28.
Fahimah, N., Bhakti Rohyaningsih, C., & Rakeyan Santang, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Tkit Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kecamatan Karwang Barat. In Jurnal Al-Amar (Jaa) (Vol. 2, Issue 2).
Fatimah, D., R, M., & Linarsih Andini. (2023). Penerapan Metode Bercakap-Cakap Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2), 409–419. Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V12i2.62218
Haryati. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Aktivitas Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(24.2), 864–872. Https://Jurnal.Peneliti.Net/Index.Php/Jiwp/Article/View/11403
Hayatun Nupus, M., & Putu Parmiti, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicra Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa Sd Negeri Banjar Jawa. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 4).
Karim, I. K., & Juniarti, Y. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2). Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah
Muluk, I. N., & Gustina, A. D. (2024). Pengaruh Program Rumah Anak Sigap Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kecamatan Koroncong. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 151–159. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V13i1.17262
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115–122. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=757503&Val=12100&Title=Studi%20tentang%20kemampuan%20berbicara%20anak%20usia%204-5%20tahun%20di%20tk%20pertiwi%20dwp%20setda%20provinsi%20riau
Sab’atin, Rachmiyani. (2017). Kajian Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Kegiatan Bercerita Menggunakan Wayang Kreasi.
Safriani, M., Habibi, M. A. M., Fahruddin, F., & Astini, B. N. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Bercakap-Cakap Yang Diterapkan Guru Paud Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Ma’mun Mapak Indah Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1310–1314. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.757
Sugiyono. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Melalui Metode Bercakap-Cakap Menggunakan Ape Buku Cerita Bergambar. Audiensi: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 62–73. Https://Ejournal.Uksw.Edu/Audiensi
Sulistianingsih, T. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-Cakap Dengan Media Gambar. Eceij Early Childhood Education Indonesia Journal, 2(2), 147–151.
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Jga, 4(3), 9–18. Https://Doi.Org/10.14421/Goldenage.2019.43-02
Thobi, M., Rini, R., Syafrudin, U., Sofia, A., & Drupadi, R. (2022). Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Metode Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Di Paud. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 145. Https://Doi.Org/10.24014/Kjiece.V5i1.15025
Unidia Rachman, A. (2019). Bercakap-Cakap Sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Http://Journal2.Uad.Ac.Id/Index.Php/Jecce
Yudhitiar, N., Sundari, N., & Anesty Mashudi, E. (2024). Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Berbasis Media Big Book Interaksional Sebagai Solusi Gangguan Speech Delay. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 562–575. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V5i2.824
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizka Hidayah, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti, Purwadi, Muniroh Munawar, Ratna Wahyu Pusari, Perdana Afif Luthfy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.