Analisis Penggunaan Metode Bercakap-Cakap Untuk Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A

Penulis

  • Rizka Hidayah Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Universitas PGRI Semarang
  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang
  • Ratna Wahyu Pusari Universitas PGRI Semarang
  • Perdana Afif Luthfy Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.2168

Kata Kunci:

Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini, Metode Bercakap-Cakap

Abstrak

Kemampuan  berbicara  penting  sekali  dimiliki  oleh  anak,  karena  dengan memiliki kemampuan berbicara, maka  anak  akan  mampu  melakukan  komunikasi dengan lingkungan sekitar. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak. berdasarkan observasi diperoleh: 1) Anak belum mampu menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan guru. 2) Anak merasa malu ketika berbicara di depan teman – temannya. 3) Anak belum berani mengungkapkan ide dan pendapatnya. Jenis penelitian ini menggunakan Penetian Tindakan Kelas. Sumber data dari penelitian ini berdasarkan informan dan catatan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok A. Subjek penelitian sebanyak 14 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan Metode Bercakap-cakap dapat menstimulasi kemampuan berbicara pada anak seperti halnya anak mampu menggunakan kalimat sederhana dalam berinterkasi, anak mampu mengulang cerita dengan kalimat sederhana, anak mampu mengungkapkan ide dengan baik, anak mampu menjawab pertanyaan, memperkaya perbendaharaan kosakata, mampu melaksanakan 2-3 perintah secara berurutan dengan benar. saran yang dapat disampaikan adalah peran  orangtua dan guru sangat penting bagi kemampuan berbicara anak, maka diperlukan stimulasi yang tepat.

Referensi

Adawiyah, A., Hanifa, F., & Astarie, A. D. (2023). Efektivitas Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di Tkit Edelweis Serang Tahun 2022 (Vol. 2, Issue 5).

Aini, N. ’, & Devianti, R. (N.D.). Metode Bercakap-Cakap: Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Https://Doi.Org/10.46963/Mas

Amini, N. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. 09(02), 199–129. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V9i1.6702

Dhea Alfira, & Siregar, Mhd. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15. Https://Doi.Org/10.47134/Paud.V1i4.641

El Rahmah, W., & Ray, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Istiqomah Medan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(1), 13–28.

Fahimah, N., Bhakti Rohyaningsih, C., & Rakeyan Santang, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Tkit Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kecamatan Karwang Barat. In Jurnal Al-Amar (Jaa) (Vol. 2, Issue 2).

Fatimah, D., R, M., & Linarsih Andini. (2023). Penerapan Metode Bercakap-Cakap Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2), 409–419. Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V12i2.62218

Haryati. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Aktivitas Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(24.2), 864–872. Https://Jurnal.Peneliti.Net/Index.Php/Jiwp/Article/View/11403

Hayatun Nupus, M., & Putu Parmiti, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicra Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa Sd Negeri Banjar Jawa. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 4).

Karim, I. K., & Juniarti, Y. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2). Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah

Muluk, I. N., & Gustina, A. D. (2024). Pengaruh Program Rumah Anak Sigap Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kecamatan Koroncong. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 151–159. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V13i1.17262

Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115–122. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=757503&Val=12100&Title=Studi%20tentang%20kemampuan%20berbicara%20anak%20usia%204-5%20tahun%20di%20tk%20pertiwi%20dwp%20setda%20provinsi%20riau

Sab’atin, Rachmiyani. (2017). Kajian Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Kegiatan Bercerita Menggunakan Wayang Kreasi.

Safriani, M., Habibi, M. A. M., Fahruddin, F., & Astini, B. N. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Bercakap-Cakap Yang Diterapkan Guru Paud Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Ma’mun Mapak Indah Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1310–1314. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.757

Sugiyono. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Melalui Metode Bercakap-Cakap Menggunakan Ape Buku Cerita Bergambar. Audiensi: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 62–73. Https://Ejournal.Uksw.Edu/Audiensi

Sulistianingsih, T. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-Cakap Dengan Media Gambar. Eceij Early Childhood Education Indonesia Journal, 2(2), 147–151.

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Jga, 4(3), 9–18. Https://Doi.Org/10.14421/Goldenage.2019.43-02

Thobi, M., Rini, R., Syafrudin, U., Sofia, A., & Drupadi, R. (2022). Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Metode Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Di Paud. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 145. Https://Doi.Org/10.24014/Kjiece.V5i1.15025

Unidia Rachman, A. (2019). Bercakap-Cakap Sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Http://Journal2.Uad.Ac.Id/Index.Php/Jecce

Yudhitiar, N., Sundari, N., & Anesty Mashudi, E. (2024). Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Berbasis Media Big Book Interaksional Sebagai Solusi Gangguan Speech Delay. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 562–575. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V5i2.824

Diterbitkan

2025-08-11