Analisis Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Pada Peserta Didik PAUD di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar

Penulis

  • Anisa Nur Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Ali Formen Universitas Negeri Semarang
  • Diana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1245

Kata Kunci:

Elemen Identitas, Siswa Pendidikan Anak Usia Dini, Hasil Belajar

Abstrak

Anak pra sekolah banyak yang masih mengalami masalah psikososial terutama masalah sosial emosional seperti perilaku agresif atau kecemasan. yang mengakibatkan  negatif terhadap perkembangan dan kesiapan masuk sekolah jenjang selanjutnya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Profil elemen capaian pembelajaran jati diri peserta didik di TK Kecamatan Jenawi dan Untuk mengetahui pendekatan guru dalam elemen capaian pembelajaran jati diri peserta didik dalam kurikulum merdeka di TK Kecamatan Jenawi. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian pembelajaran unsur jati diri anak usia dini di Kecamatan Jenawi. Responden dalam penelitian kuantitatif adalah anak usia 4-6 tahun Sampel dalam penelitian ini yaitu sejumlah 221 anak  yang bersekolah di lembaga Taman Kanak-kanak yang tersebar di Jenawi, Karanganyar. Teknik Pengumpulan Data menggunakan Kuesioner yaitu dengan pertanyaan favourable dan unfavourable menggunakan skala Likert. Analisis deskriptif persentase digunakan pengelolaan data diolah menggunakan Microsoft excel dengan bantuan beberapa rumus yang ada di Microsoft excel.    Hasil analisis data deskriptif akhir, hasil perhitungan capaian pembelajaran elemen jati diri pada peserta didik PAUD yang diwakili dengan nilai minimum 47 dan nilai maksimum 80. sedangkan rata-rata adalah 65.51 dengan standar deviasi 8.01.

Referensi

Aghnaita, Norhikmah, Aida, N., & Rabi’ah.(2022). Rekonstruksi Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Melalui Konsep "Jati Diri". Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3256-3258.

Anhusadar, L., & Islamiyah. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 464- 466.

Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada media

Araban, M., Montazeri, A., Stein, L. A. R., Stein, L. A. R., Stein, L. A. R., Karimy, M., & Mehrizi, A. A. H. (2020). Prevalence and factors associated with disruptive behavior among Iranian students during 2015: a cross- sectional study. Italian Journal of Pediatrics, 46(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s13052-020-00848-x

Aritonang, S. D., Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2020). Mothering, Father Involvement in Parenting, nd Cognitive Development of Children Aged 2-

Ariyanti, A. I. 2016. Pengaruh CR, TATO, NPM dan ROA Terhadap Retrun Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(4): 1-16

Asri, D. N., & Suharni. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori dan Penerapannya. Madiun: UNIPMA Press.

Baker, C. E. (2017). Father-Son Relationships in Ethnically Diverse Families: Links To Boys’ Cognitive and Social Emotional Development in Preschool. Journal of Child and Family Studies, 26(8), 2335–2345. https://doi.org/10.1007/s10826-017-0743-3

Dawson, G., Ashman, S. B., & Carver, L. J. (2000). The role of early experience in shaping behavioral and brain development and its implications for social policy. Development and Psychopathology,12(4),695–712. https://doi:10.1017/S0954579400004089

Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346

Farida, N., & Mulyani, S. (2023). Studi Analisis Kesiapan Penguatan Relevansi Lembaga PAUD Sebagai Fase Pondasi Kurikulum Merdeka. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 89–102. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1

Handini , N. S. (2020). Studi Kasus Sikap Empati Anak Kelompok B Di Tk. Jp2kg Aud (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 117-118.

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri.

Kesuma, U., & Istiqomah, K. (2019). Perkembangan Fisik dan Karakteristiknya, serta Perkembangan Otak AUPD. Jurnal Madaniyah, Volume 9 Nomor 2, 226-229.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? Download

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 6-11.

Khalisha, F. N., & Gustiana, A. D. (2024). Pengaruh Layanan Bermain Bersama Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 127–139. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17220

Kurniawan, A. P., & Hasanat, N. U. (2019). Perbedaan Ekspresi Emosi Pada Beberapa Tingkat. JURNAL PSIKOLOGI, 14-15.

Laela, A., & Aprianti, E. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Bermain Menggunakan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Kelompok B. Jurnal Ceria, 296-301.

Latifah, T. U., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2022). Profil Kemampuan Perbandingan Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Gugus Melati Karanganyar. Jurnal Kumara Cendekia, 26-29.

Muhammad Fadhilah. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogyakarta: Ar-Ruzz media.

Nuh, M. (n.d.). Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069.

Nurfadila, A., Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2023). Disiplin Dalam Pengendalian Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, April 2023, 9 (7), 21-28.DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7802048, 25-26.

Purnama, A. (2015). Efektifitas Permainan Kooperatif Merancang Gambar. Jurnal Psikologi Tabularasa, 211-212.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak (I. Fahmi, Ed.; cetakan pertama). Prenadamedia Group.

Suryana, E., Imron Hamdani, M., Bonita, E., & Harto, K. (2022). The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 06(2). https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1778

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Uce, L. (2017). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Pusat Jurnal UIN Ar-Raniry (Umiversitas Negeri Islam).

Ula Al Etivali, A., & Bagus Kurnia PS, A. M. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 215–216.

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia. Jurnal Program Studi PGRA, 85-88.

Uyun, H. A., & Diana, D. (2023). Implementasi Kegiatan Project-based Learning Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 240–258.https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16510

Yusuf Prasetiawan, A. (2019). Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1).

Diterbitkan

2025-02-28