Analisis Penerapan PBL (Problem Based Learning) Dalam Menstimulasi Kemampuan Aspek Agama Dan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1284Kata Kunci:
Penerapan PBL, Aspek Agama, Aspek Budi PekertiAbstrak
Penerapan aspek agama dan budi pekerti penting untuk distimulasi pada anak usia dini, dengan mwnggunakan metode belajar PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menstimulasi kemampuan aspek agama dan budi pekerti pada anak usia dini di TK TA Suwawal Timur 06. Metode penelitian menggunakaan tahap perencanaan, sosialisai dan pelaksanaan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian ini dilaksanakan di TK TA Suwawal Timur 06 pada Oktober 2024. Objek penelitian ini tentang strategi guru dalam membangun nilai agama dan budi pekerti pada anak. Dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan PBL oleh guru di TK TA Suwawal Timur 06 menerapkan metode pembelajaran dengan membiasakan peserta didik dengan salam, makan atau minum sambil duduk, dan menggunakan kata-kata sopan. Pembiasaan berdoa, menjaga kebersihan juga menjadi bagian dari strategi pembelajaran ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan yang konsisten dan dukungan dari orang tua efektif dalam membentuk karakter dan budi pekerti anak usia dini. Penerapan PBL menjadi model penting dalam pendidikan nilai agama dan budi pekerti di TK TA Suwawal Timur 06.
Referensi
Aeni, S. Q., & Setiasih, O. (2024). Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18072
Atin, R., & Dian Eka, P. (2021). Pentingnya penanaman nilai-nilai agama pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif al-quran. 6(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i1.9929
Awan, V., & Hasibuan, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 62–70. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6736
Christin Souisa, F., Dwi Lestari, G., & Yusuf, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 752–765. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.616
Dirgantini, S. R., Nuramilah, S., Mulyati, Y., & Hanna, S. (2023). Pengaruh Problem Based Learning dengan Teknik Bermain Peran dalam PAI terhadap kemampuan memecahkan Masalah. 4(2), 131–140. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.14575
Eka, E., Nor Asiah, S., & Magfiratul Laili, L. (2022). Strategi dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 90–101. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.2842
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Haseng, N., & Munirah. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Budi Pekerti Anak Usia Dini di TK Negeri. 02(02), 132–147. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.230
Hostini, L. (2022). Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati. 3(2), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/ecrp.v3i01.2546
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jatmiko, D., & Suryo, K. (2022). Penerapan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Sekolah Sehat di Sekolah Dasar. 6, 13292–13299. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4557
Juhriati, I., & Rahmi, A. M. (2022). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 209–216. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4064
Noer Safitri, R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Guru dalam Membangun Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.289
Nurfadhillah, S., Saridevita, A., Adji, A. S., Valentina, F. R., Astuty, H. W., Devita, N., & Destiyantari, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia) dan Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia) Siswa Kelas I SDN Tanah Tinggi 3 Tangerang. Masaliq, 2(1), 114–122. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.94
Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983
Saputra. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas Vi a Semester Ii Sd N 6 Tianyar Barat. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 198–208. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1401
Suhartono, S., & Latifah, N. (2019). Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 195–201. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i1.4
Togatorop, P. R., & Simaremare, M. E. S. (2023). Penerapan dan Pelatihan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di TK / PAUD. 1(8), 1541–1546. https://doi.org/10.26877/jpmba.V13i1.15629
Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357
Widiastuti, S., Cholimah, N., & Tjiptasari, F. (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Projek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. 9, 85–109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631
Wijayanti, C. M., & Fauzi, F. (2024). Dampak Positif Kurikulum Emosional Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 74–82. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.15629
Yusutria, Y. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anggun Maulida Pramashella, Sofa Muthohar, Nilal Muna Fatmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


