Pentingnya Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Nurul Jamiah Sidiq Universitas Negeri Makassar
  • Andi Nur Maharani Islami Universitas Negeri Makassar
  • Faradillah Rusliana Universitas Negeri Makassar
  • Delvhina Manga Universitas Negeri Makassar
  • Hasmawaty Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1504

Kata Kunci:

Media visual, Pemahaman Nilai Agama, Anak Usia Dini, Sholat dan Wudhu, Gambar dan Poster

Abstrak

Pemahaman nilai agama pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama. Penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan media visual, seperti gambar dan poster, dalam meningkatkan pemahaman nilai agama di TK Raudhatul Athfal Arrahman Tinggito. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan observasi terhadap proses pembelajaran anak usia 5-6 tahun, wawancara dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa media visual sangat efektif dalam membantu anak memahami konsep agama yang abstrak, mengurangi beban kognitif, dan meningkatkan minat serta partisipasi dalam pembelajaran. Gambar dan poster tidak hanya mempermudah pemahaman tata cara ibadah, seperti sholat dan wudhu, tetapi juga mengaitkan tindakan fisik dengan makna spiritual. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran agama yang interaktif dan efektif di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta menekankan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mendukung pembelajaran.

Referensi

Afiyah, A., Pratama, M. M., Nurhasanah, R., & Wahyuni, I. W. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303

Alfian. (2017). Makalah tentang Pengertian Agama. In Universitas Islam Negeri Alauddin.

Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2000). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772–790. https://doi.org/10.1037/0022-3514.78.4.772

Aseery, A. (2024). Enhancing learners’ motivation and engagement in religious education classes at elementary levels. British Journal of Religious Education, 46(1), 43–58. https://doi.org/10.1080/01416200.2023.2256487

Barutu, A. A., & Harfiani, R. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Wudhu dengan Media Gambar bagi Anak Usia Dini Tadika Al Fikh Orcard Pendamar Indah 2 Selangor. Journal on Education, 5(3), 8739–8749. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1668

Cardillo, N. (2017). Visual Aids Supporting the Learning of Children in Our Classrooms. In The Challenge of Teaching (pp. 145–150). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-2571-6_20

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). e‐Learning and the Science of Instruction. Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118255971

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam (Budiyadi, Ed.). AMZAH.

Dunn, R., & Dunn, K. J. (1993). Teaching Students through Their Individual Learning Styles. Reston Publishing Company.

Ekaningtyas, N. L. D., Wjayana, I. N., & Listiawati, N. P. (2022). Stimulasi Perkembangan Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.

Farida, N. A., & Agustian Nur, R. (2022). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Pai Pada Anak Usia Dini. Jurnal El-Audi, 3(1), 12–16. https://doi.org/10.56223/elaudi.v3i1.41

Herawati, I. (2023). Penerapan Media Visual Untuk Memudahkan Pembelajaran Anak Usia Dini. PERNIK, 6(2), 83–87. https://doi.org/10.31851/pernik.v6i2.13672

Hewi, L., & Sundari, S. (2023). Pemetaan Stimulasi Pengembangan Aspek Agama Dan Moral Pada Masa Pandemi. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 50–60. https://doi.org/10.26877//paudia.v12i1.13685

Inayati, N., & Masithoh, A. D. (2024). Analisis Gambar Stimulus Pada Permulaan Bab Buku Ajar PAI Kelas VIII Prespektif Visual Dan Pendidikan. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 12–33. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.7018

Isnain, W. N., Lutfhy, P. A., & Munawar, M. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Mengenalkan Kosakata Etika untuk Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 49–62. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18164

Liu, V. (2024). The Impact of Religion on the Development of Morality. Communications in Humanities Research, 35(1), 170–174. https://doi.org/10.54254/2753-7064/35/20240062

Lo, H.-C., Peng, T.-H., & Wang, T.-H. (2023). A Study On The Use Of Visual Image Teaching Aids To Assist Children’s Visual Recognition And Attention. 7991–7993. https://doi.org/10.21125/iceri.2023.2039

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511811678

McKay, R., & Whitehouse, H. (2015). Religion and morality. Psychological Bulletin, 141(2), 447–473. https://doi.org/10.1037/a0038455

Miles, M., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Nadlir, N., Nurkhasanah, M., & Rochmahtika, A. S. (2024). Peran Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 116–124. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5947

Nurhayati, & Agusniatih, A. (2020). Development of Moral Religious Values Through Audio Visual Media in Group B of Aisyiyah Kindergarten 1 Palu. Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.029

Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I. P. (2021). Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183–2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850

Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983

Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. Viking Press.

Pressley, M. (2005). Oh, the Places an Educational Psychologist Can Go! … and How Young Educational Psychologists Can Prepare for the Trip (Apologies to Dr. Seuss). Educational Psychologist, 40(3), 137–153. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4003_1

Rachman, H., Kencana, R., & Nurfaizah. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Raoza, V. (2024). Implementasi Media Visual Gambar untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Tadikal Al Fikh Orchard Pendamar Indah 2 Selangor Malaysia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1252–1266. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1069

Santosa. (2020a). Peran Media Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 98–110.

Santosa, D. (2020b). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 15(2), 102–110.

Septariana, A. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Pengetahuan Dan Keterampilan Sholat Pada Anak Di Kelas B2 Taman Kanak-Kanak Madani Komering Agung Gunung Sugih Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Smith, J. (2023). Linking Religious Upbringing to Young Adult Moral Formation. Journal for the Scientific Study of Religion, 62(3), 481–499. https://doi.org/10.1111/jssr.12835

Susanti, M. D., & Alfurqan, A. (2021). Implementasi Penggunaan Media Visual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(3), 281–291. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.81

Udayani, L. M. (2021). Penggunaan Media Visual “Poster Bergambar” dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Lampuhyang, 12(2), 182–191. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.262

Diterbitkan

2025-06-04