Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Paud

Penulis

  • Nanda Agilda Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Angger Prima Widhiasih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Iman Nurjaman Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1681

Kata Kunci:

Kinerja Guru, Kualifikasi Akademik, Pengalaman Mengajar

Abstrak

Performa tenaga pendidik di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran krusial dalam menentukan mutu pembelajaran bagi anak-anak pada fase awal perkembangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh dari tingkat pendidikan formal dan pengalaman profesional terhadap kualitas kerja guru PAUD. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan melibatkan 65 orang guru sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen kuesioner terstruktur, kemudian dianalisis dengan teknik regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang melebihi ambang batas 0,05. Sebaliknya, pengalaman mengajar memiliki hubungan yang bermakna secara statistik terhadap peningkatan kinerja guru, dengan tingkat signifikansi yang lebih rendah dari 0,05 dan koefisien regresi positif. Hal ini menunjukkan bahwa jam terbang dalam mengajar memiliki pengaruh yang lebih kuat dalam membentuk kompetensi dan efektivitas guru PAUD dibandingkan dengan sekadar latar belakang akademik. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar program pelatihan yang berorientasi pada praktik langsung di kelas diperkuat sebagai bagian dari strategi pengembangan profesionalisme guru PAUD, terutama di Kecamatan Periuk, guna mendorong peningkatan mutu layanan pendidikan secara berkelanjutan.

Referensi

Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19

Christy, N., Wulan, S., & Pudjiastuti, S. I. (2025). Pengukuran Kesiapan Sekolah Anak Usia 6-8 Tahun : Studi Literatur Metode Penilaian. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 85–101. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1148

Creswell, J. (2017). Qualitative Inqury Research Design Choosing Among Five Approaches.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivarite dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, H. H. (2025). Pengaruh Kualifikasi Akademik, Pengalaman Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Akademik Dosen di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 694–699.

Mahartini, K. T., & Tristaningrat, M. A. N. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Pendidikan Dasar Dalam Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 22–31. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.942

Maryam, A. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Journal of Instructional and Development Researches, 4(5), 418–430.

Maulida, L., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh Pemberian Reward Stempel Prestasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Raudhotut Tholibin Bungo. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 231–241. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.494

Mubarok, Sari, Wibowo, M. (2025). Comparative Study of Artificial Intelligence (AI) Utilization in Digital Marketing Strategies Between Developed and Developing Countries: A Systematic Literature Review. Ilomata International Journal of Management, 6(1), 156–173. https://doi.org/10.61194/ijjm.v6i1.1534

Nisviati, S. (2021). Analisis Kualifikasi Akademik Guru PAUD terhadap Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Ashil : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 635–637.

Nurpatimah, A., & Saputra, A. (2022). Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal PAUD Emas Volume, 1(2), 8–12. https://online-journal.unja.ac.id/jpe/article/view/18874/13528

Permata, R. S. R. E., Yoenanto, N. H., & Nurdibyanandaru, D. (2022). Pengaruh Kepribadian terhadap Kreativitas Guru PAUD dengan Kualifikasi Akademik yang Tidak Linier. Jurnal Diversita, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.4829

Pranpantja, Y., Satispi, E., & WD Tuti, R. (2021). Peran Supervisi Kepala Madrasah Dan Kualifikasi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Instruksional, 3(1), 87. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.87-96

Putri, L. S., Setiani, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2023). E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Pengetahuan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 880–890. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5002

Putri Nazidah, M. D. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373

Rais, M. (2019). Pengaruh Diklat Terhadap Kinerja Guru Madrasah Di Kota Manado. Al-Qalam, 25(1), 33. https://doi.org/10.31969/alq.v25i1.700

Ramdani, U. A. (2024). Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Kompetensi Dan Disiplin Kerja ( Studi Kasus. Humaniorasains, 1(1).

Sa’diyah, S. A., Reza, M., Widayanti, D., & Komalasari, D. (2022). Studi Komparatif Kompetensi Profesional Guru Paud Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 35–50. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.35-50

Saragih, J. E., Saragih, H., & Purba, I. R. (2025). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi , Motivasi Dan Keahlian Terhadap Kinerja Guru Di SMK GKPS 2 Pematangsiantar. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 996–1002.

Sd, D. I., & Siantar, N. (2025). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 091277 Siantar Estate. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01).

Sela Nurlaela, Suzanti, L., & Rr. Deni Widjayatri. (2024). Penggunaan Aplikasi Smart Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 208–229. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.493

Simajuntak, M. M. (2025). Pengaruh Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01).

Simanjuntak, M. M., Silaen, D. S., Hutagalung, J., Laras, M., Bungaria, S., Harefa, H., Girsang, S., Damanik, A., Mahasiswa, D., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2025). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru UPTD SD Negeri 122345. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019b). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Susanti, D. D. (2025). Pengaruh Insentif, Sertifikasi Guru, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Online Internasional & Nasiona, 8(1), 89–107.

Diterbitkan

2025-07-23