Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan 5S plus Peduli Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1692Kata Kunci:
Karakter Religius, Pembiasaaan, Peduli Lingkungan, Anak Usia DiniAbstrak
Pembentukan karakter religius melalui sikap peduli lingkungan menjadi metode baru yang efektif sehingga penting untuk dikenal anak sejak dini. Penelitian ini menganalisis bagaimana penerapan pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) yang dipadukan dengan penguatan sikap peduli lingkugan di TK Darul Hasanah Kelurahan Banjardowo Kecamatan Genuk Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu dilaksanakan saat anak melakukan kegiatan didalam atau diluar kelas, wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan orang tua anak dan dokumentasi digunakan saat menganalisis modul ajar dan dokumen lain terkait kegiatan budaya 5S. Hasil penelitian di TK Darul Hasanah menunjukkan bahwa pembiasaan budaya 5S dan sikap peduli lingkungan dalam pembentukan karakter religius anak diterapkan secara konsisten dalam berbagai aktivitas sehari-hari disekolah. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi kepala sekolah, guru TK, maupun orang tua, sehingga dapat melahirkan generasi muda yang berkarakter santun, religius, peduli lingkungan dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan landasan spiritual yang kokoh.
Referensi
Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Anak Usia Dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(1), 90–108.
Afni, M. N., & Taja, N. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Film Omar dan Hana. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2(1), 57–64. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/986/649
Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132–146.
Amilda, A. (2017). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684
Aulia, R., & Hadiyanto, F. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485
Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 243–272.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU==> Https://Journal. Uny. Ac. Id/v3/Jpa), 6(2), 203–213.
Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter religius di sekolah dasar khadijah surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.
Fadillah, N. D., & Setianingsih, H. P. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun. 7(3), 3648–3662. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631
Fathurahman, M. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengajaran Fikih Ekologi Pada Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 198–221.
Fitriyah, Q. F., & Hasibuan, N. S. (2021). Implikasi Pengalaman Dan Sikap Terhadap Kepedulian Lingkungan Dan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini Perkotaan Dan Pedesaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1).
Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam mengelola lingkungan hidup. EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).
Inayah, S. F. N., & Wiyani, N. A. (2022). Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini. ASGHAR: Journal of Children Studies, 2(1), 12–25.
Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan karakter peduli lingkungan melalui model experiential learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72–79.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.
Juanda, J. (2019). Pendidikan karakter anak usia dini melalui sastra klasik fabel versi daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39–54.
Khoirunnisa, H., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Ecobrick Pada Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 211–218. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8176
Kurniati, E., Mirawati, M., Rudiyanto, R., Fitriani, A. D., Rengganis, I., & Justicia, R. (2019). Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–6.
Lickona, T. (2013). Character education: The cultivation of virtue. In Instructional-design theories and models (pp. 591–612). Routledge.
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif. Harfa Creative.
Noviani, D. (2024). Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Lingkungan; Perspektif Islam dalam Menjaga Kelestarian Alam. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4367–4381.
Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983
Oktaviani, S., Suhardini, A. D., & Hakim, A. (2020). Penanaman Nilai-nilai Sopan Santun Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Cerita di TK Bandung. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 6(2), 207–212.
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.
Sari, S. Y., & Nofriadi, N. (2019). Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 57–62.
Sudjarwati, S., & Fahyuni, E. F. (2019). Peran literasi moral meningkatkan karakter religius anak usia dini. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 219–229.
Sukmawati, E., Karmila, M., & Hariyanti, D. P. D. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di TK Al-Azam Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 160–167. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18398
Tsania, A., & Rigianti, H. A. (2023). Peran Keluarga dalam Mendukung Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Budaya 5S. Jurnal Basicedu, 7(4), 2091–2097.
Zulianti, E., Afifulloh, M., & Dewi, M. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini. Jurnal Dewantara, 2(2), 63–69.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bulqis Aulia Zahra, Agus Khunaifi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


