Stimulasi Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Media Loosparts: Tinjauan Naratif Sistematis

Penulis

  • Siti Qoumariah Universitas Terbuka
  • Noviana Mustapa Universitas Terbuka
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka
  • St. Maria Ulfah Universitas Terbuka
  • Titi Chandrawati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1746

Kata Kunci:

Kreativitas, Loose Parts, STEAM

Abstrak

Integrasi pembelajaran STEAM (Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika) dalam Pendidikan Anak Usia Dini semakin diakui sebagai hal yang esensial untuk menumbuhkan keterampilan abad ke-21. Tinjauan naratif sistematis ini mengeksplorasi bagaimana pembelajaran STEAM, ketika dikombinasikan dengan media loose parts, merangsang kreativitas pada anak usia dini. Sebanyak 515 artikel awalnya diidentifikasi melalui empat basis data (ProQuest, ERIC, Open Knowledge Map, dan Elicit) yang mencakup tahun 2019–2024. Setelah menerapkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat, delapan studi peer-review dipilih untuk dianalisis. Studi-studi ini bervariasi dalam metode, termasuk desain kualitatif, kuasi-eksperimental, dan berbasis review, dan berfokus pada anak usia 3–6 tahun. Tinjauan ini mengungkapkan bahwa materi media loose parts yang fleksibel dan terbuka meningkatkan dimensi-dimensi kunci kreativitas seperti imajinasi, orisinalitas, pemecahan masalah, kolaborasi, dan inovasi ketika diimplementasikan dalam kerangka kerja STEAM. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan ini menunjukkan tingkat berpikir kritis dan pembelajaran eksploratif yang lebih tinggi. Temuan ini juga menyoroti pentingnya fasilitasi guru, konteks budaya, dan dampak perkembangan jangka panjang. Tinjauan ini memperkaya pemahaman praktis dan teoretis tentang strategi pembelajaran kreatif berbasis loose parts dalam kerangka STEAM dalam pendidikan anak usia dini. Tinjauan ini memberikan wawasan baru dengan mensintesis studi yang secara eksplisit menghubungkan kedua komponen tersebut, yang seringkali dikaji secara terpisah. Para pendidik dan pembuat kebijakan didorong untuk mengintegrasikan pendekatan integratif ini ke dalam lingkungan belajar anak usia dini guna memaksimalkan pertumbuhan kognitif dan kreativitas anak.

Referensi

Antika, D. H. W., Hartono, & Setiawan, D. (2025). Development of Smart Train PAUD Learning Media Based on the Principle of Reuse. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 280–295.

Braun, V., & Clarke, V. (2014). What can “thematic analysis” offer health and wellbeing researchers? In International Journal of Qualitative Studies on Health and Well-being (Vol. 9). https://doi.org/10.3402/qhw.v9.26152

Cabello, V. M., Loreto Martínez, M., Armijo, S., & Maldonado, L. (2021). Promoting STEAM learning in the early years: “Pequeños Científicos” Program. Lumat, 9(2), 33–62. https://doi.org/10.31129/lumat.9.2.1401

Dewi, A. C., Alif Laini, Sri Intan Wahyuni, & Mega Cahya Dwi Lestari. (2024). Enhancing early childhood creativity through loose-parts media based on STEAM learning. Aṭfālunā Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(1), 31–46. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v7i1.8113

Gough, D. (2007). Weight of evidence: A framework for the appraisal of the quality and relevance of evidence. Research Papers in Education, 22(2). https://doi.org/10.1080/02671520701296189

Jamal, N. A., & Sugiarti, R. (2022). The Creativity of Early Childhood in Urban Areas of Indonesia: A Literature Review. International Journal of Innovative Research and Development, 11(1), 65–69. https://doi.org/10.24940/ijird/2022/v11/i1/jan22026

Maghfirotul Qiromah, I., Hadi Pradana, P., & Hasanah, H. (2024). Improving Early Childhood Creative Thinking Skills Through Nature-Based Loose Parts Media. Child Education Journal, 5(3), 180–189. https://doi.org/10.33086/cej.v5i3.5759

Mamma, A. T., & Cenderawasih, U. (2021). Improving Children ’ S Creativity Through. 3(1), 31–41.

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285

Nipriansyah, N., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Arinal Hasanah, P. F. (2021). Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77–89. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8598

Novita Ananda, Parwoto, P., & Ilyas, S. N. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 10(2), 76–92. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2276

Purwati, D., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2024). Enhancing Creative Imagination Ability in Early Childhood: A Study on Differential Learning Assisted with Loose Parts Media and Social Skills. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/paud.v12i1.74007

Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310–326. https://doi.org/10.21009/jpud.132.08

Rahmawati, Y. P., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Virtual Reality Dalam Pembelajaran Sains. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2).

Saputri, W. D., Ponorogo, U. M., Mahardani, A. J., Ponorogo, U. M., Wulansari, B. Y., & Ponorogo, U. M. (2024). Lectura : Jurnal Pendidikan. 15, 497–508.

Sardi, M., & Mayar, F. (2023). The Effect of Loose Parts on the Development of Early Childhood Creativity. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 4120–4128. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.4107

Sekhon, M., De Thurah, A., Fragoulis, G. E., Schoones, J., Stamm, T. A., Vliet Vlieland, T. P. M., Esbensen, B. A., Lempp, H., Bearne, L., Kouloumas, M., Pchelnikova, P., Swinnen, T. W., Blunt, C., Ferreira, R. J. O., Carmona, L., & Nikiphorou, E. (2024). Synthesis of guidance available for assessing methodological quality and grading of evidence from qualitative research to inform clinical recommendations: A systematic literature review. RMD Open, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.1136/rmdopen-2023-004032

Shenita, A., Oktavia, W., Aditya Rahman, N., Lisfi Irmareta, I., Subrata, H., Rahmawati, I., & Lutfi Choirunnisa, N. (2022). PEMBELAJARAN SENI MUSIK BOTOL KACA BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2). https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4939

Sudarso, Y., Mulia, T., Deli, K. M., Medan, K., & Utara, S. (2024). Stimulasi Kreativitas Anak Melalui Media Loose Part di KB ONSIF Kota Gunungsitoli usaha yang harus ditingkatkan dan dilaksanakan dengan optimal . Banyak penelitian telah dapat diasah dan dikembangkan . Andriani , 2023 “ Pengembangan Kreativitas Anak Usia. 2(2).

Sukardjo, M., Nirmala, B., Ruiyat, S. A., Annuar, H., & Khasanah5, U. (2023). Loose Parts: Stimulation of 21st Century Learning Skills (4C Elements). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1073–1086. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4088

Susanti, F. M., Hidayati, S., Aghnaita, A., & Muzakki, M. (2023). Creativity Development of Children 5-6 years old Through Loose Parts Media. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 11(1), 21. https://doi.org/10.21043/thufula.v11i1.20114

Trina, N. A., Monsur, M., Cosco, N., Shine, S., Loon, L., & Mastergeorge, A. (2024). How Do Nature-Based Outdoor Learning Environments Affect Preschoolers’ STEAM Concept Formation? A Scoping Review. Education Sciences, 14(6). https://doi.org/10.3390/educsci14060627

Wibowo, A., & Putri, S. (2021). Pedoman Praktis Penyusunan Naskah Ilmiah. July, 66. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17871.20640

Wised, S. (2024). The Evolution of STEAM-Based Programs : Fostering Critical Thinking , Collaboration , and Real-World Application. 1(August), 13–22.

Diterbitkan

2025-08-08