Pemanfaatan Media Realia Dengan Program Pembelajaran Indvidual Pada Aspek Keterampilan Sosial Anak ASD Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1900Kata Kunci:
Keterampilan Sosial, Siswa Autis, Program Pembelajaran Individual, Media RealiaAbstrak
Keterampilan sosial merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan bagi anak sejak usia dini, terutama bagi anak dengan gangguan ASD. Keberhasilan dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak berkebutuhan khusus sangat bergantung pada sistem pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan hasil observasi, TK Inklusi Fun & Play Semarang menerapkan program pembelajaran individual yang memanfaatkan media realia guna mengembangkan keterampilan sosial anak dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media realia dalam program pembelajaran individual dapat menunjang aspek keterampilan sosial pada anak usia dini penyandang autisme. Penelitian ini menggunakan studi penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia disesuaikan dengan tingkat keparahan autisme, mulai dari kategori ringan, sedang, hingga berat, di mana setiap tingkatan memiliki kemampuan keterampilan sosial yang berbeda. Keberhasilan metode pembelajaran ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, kompetensi guru, kondisi fisik dan emosional anak, kerja sama orang tua dan guru, serta ketepatan penerapan pola makan khusus bagi anak. Diharapkan, dengan dilaksanakannya penelitian ini, dapat semakin memperkaya pengetahuan guru dalam dunia pendidikan inklusi serta semakin siap dalam menjadi sekolah inklusi yang dapat membuka peluang bagi siapapun untuk mendapatkan layanan pendidikan yang layak.
Referensi
Anugrah, S., Sundari, fitri S., & zen, dendy saeful. (2025). ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(3), 266–286.
Aprilia, T., Yuliati, N., Weyara, S., & Saputri, D. (2021). Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autis. Journal Of Early Childhood Education And Research, 2(2), 37–45.
Dewi, S., & Morawati, S. (2024). Gangguan Autis pada Anak. Scientific, 3(6), 418–431. http://journal.scientic.id/index.php/sciena/issue/view/22
Diahwati, R., & Hanurawan, F. (2016). KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1612–1620.
Fhatri, Z. (2020). Intervensi Latihan Sensori Motorik Dalam Pengembangan Kinestetik Anak Autis. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 23–36. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1184
Istianti, T. (2015). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK MEMBENTUK PRILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI.
Kristiana, N., Harianto, Y., Utama, C., Poerwanti, S. D., & Surabaya, W. K. (2022). The Role of Social Workers in Supporting Children with Autism Spectrum Disorder through Activity Daily Living in East Java: Modeling and Behavior Modification Techniques. WELFARE : Jurnal Imu Kesejahteraan Sosial , 11(2), 134–150. https://doi.org/10.14421/welfare.2022.112-04
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Natasya Lady Munaroh. (2024). Asesmen dalam Pendidikan : Memahami Konsep,Fungsi dan Penerapannya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 281–297. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2915
Nurishlah, L., Ramdan Samadi, M., Nurlaila, A., Hasanah, I., Sabili Bandung, S., & Sultan Maulana Hasanudin Banten, U. (2024). Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2(1), 19–27. https://tadib.staimasi.ac.id/
Peny, I., Pendidikan, R., Biasa, L., Fatmawati, A., Eka, D., & Pendidikan, M. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANTUA DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL TERHADAP PROSES BERFIKIR ANAK AUTIS. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4, 153–163.
Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2023). Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4. https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP.
Sari, R. P., & Pajrini, A. (2024). Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Jauharul Islamiyah. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 116–135. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.619
Susanti, S., & Nugraha, A. (2019). KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TK AISYIYAH 2 (Vol. 3, Issue 1).
Theologia, S. T., & Makassar, I. (2023). Peran Orang Tua dalam Menciptakan Kepercayaan Diri Anak… (Rerung). https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati
Vitriana, B., Purwanti, S., Honest, B., Ramadhani, D., Mulia Balikpapan, U., & Timur, K. (2024). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 303–314. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.574
Warsita, B., Kemdikbud, P., Re, J., 15, M. K., Ciputat, T., & Selatan, B. (2013). EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGENDALIAN KUALITAS EVALUATION OF INSTRUCTIONAL MEDIA AS A QUALITY CONTROL. In Jurnal Teknodik (Vol. 17).
Yohana, A. A., & Kurniawaty Yulita. (2025). Pemahaman Spektrum Autisme: Tinjauan Psikopatologi Perkembangan, Deteksi Dini, dan Intervensi Integratif pada Anak Usia Dini Anggi Atma Yohana, Yulita Kurniawaty. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 02(12), 388–391. https://doi.org/10.5281/zenodo.15676326
Yuswatingsih, E. (2021). KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS. Hosptal Majapahit, 13(2), 40–48.
Zahra, A., Syachruroji, A., Rokmanah, S., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, P. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik melalui Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22649–22657.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Atiek Selliawati, Anita Chandra Dewi Sagala, Joko Sulianto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


