Analisis Manajemen Pendidik Raudlatul Athfal di Tinjau dari Pengembangan Karir di Kabupaten Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1516Kata Kunci:
Manajemen, Pendidik RA, Pengembangan KarirAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Pendidik RA dalam pengembangan karir di Kabupaten Pekalongan serta Mendiskripsikannya, penelitian menggunakan pendekatan metode sequensial mixed methods dengan desain Sequential exploratory dan teknik pengumpulan data kualitatifnya dengan interview dan observasi di RA Muslimat Al Utsmani Kajen, RA Muslimat NU Kebonrowopucang Karangadadap dan RA Muslimat NU Pajomblangan Kedungwuni serta study kepustakaan. Sedangkan data kuantitafnya menggunakan kuisioner dengan Teknik sampling cluster sampling, dan berdasarkan kewilayahan juga menggunakan Simple Random Sampling sebanyak 17 orang kepala RA dan guru RA dengan populasi 15 % dari jumlah 109 RA di kabupaten Pekalongan dengan alasan 1) terakreditasi, 2) jumlah pendidik dengan linieritas ijazah saat perekrutan dan 3) jumlah guru yang belum sertifikasi. Adapun menganalisis datanya menggunakan reduksi data, uji normalitas, uji multikulinieritas dan uji heteroskedasititas, penelitian ini menghasilkan adanya analisis hubungan antara manajemen pendidik yang dilakukan oleh kepala RA dalam pengembangan karir pendidiknya sebesar 75,2% dengan manajemen pendidik antara lain dimulai dari merencakan perekrutan guru, mengadakan IHT, mengikutsertakan guru serta melaksankan workshop dan pelatihan sangat mempengaruhi perkembangan karir guru.
Referensi
Dudung, A. (2014). Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Bagi Guru - Guru Se Jakarta Timur. Sarwahita, 11(1), 13. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.03
Faizah, S. A. (2021). Peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di mts negeri 2 demak. Eprints.Walisongo.Ac.Id, 1–100. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14827/1/1703036061_SitiAlifFaizah_TugasAkhirAlifFaizah.PDF
Febriyanni, R. (2022). Manajemen Pengembangan Karir Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Langkat. Jurnal Pusat Studi, 2(2), 121–131. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/view/589%0Ahttps://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/download/589/514
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, M. L., Djoehaeni, H., & Gustiana, A. D. (2023). Hubungan Tingkat Kesejahteraan dengan Kompetensi Profesional Guru PAUD ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 176–187. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15587
Hidayah, N. (2023). Konsep Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Journal on Education, 5(4), 10851–10861. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2002
Istiqomah, H. (2020). Analisis Kepemimpinan Visioner Dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah Di MIN I Bantul. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI, 5(1), 15–22.
Iswadi. (2016). Kewirausahaan kepala sekolah. Kewirausahaan Kepala Sekolah, Volume 10(Manajer Pendidikan), 1.
Komariyah, L. (2021). Manajemen Pendidik dan Tenaga Pendidik (M. P. Nanda Saputra (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2012).
Kunandar, S.Pd, M. S. (2007). Guru Profesional Implemtasi KTSP Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Linziyatul Maula. (2023). Manajemen Kepala Madrasah dalam Pengembangan Karir Guru di Madrasah Aliyah Negeri 5 Batanghari. 4(4), 728–739. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
McKillop, E., & Moorosi, P. (2017). Career development of English female head-teachers: influences, decisions and perceptions. School Leadership and Management, 37(4), 334–353. https://doi.org/10.1080/13632434.2017.1338682
Nidhomul Haq. (2019). Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta di kota Serang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 65–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.519
Nuria, R., & Aprilianti, R. (2023). Problematika Beban Kerja Guru Honorer. 7(02), 45–55.
Nurlindah, M. K., & Musdalifah. (2020). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 40. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893
Pitriyati, N., Noviani, D., IAIQI Indralaya Sumatera Selatan, P., & Kunci Pendidikan Brunei Darussalam Indonesia, K. (2023). Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Perbandingan Sistem Pendidikan Islam Brunei Darussalam Dan Indonesia. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 87–104.
Putri, Y. A., & Suminar, T. (2015). Profil Kepemimpinan Pengelola Paud Dalam Kualitas Layanan Dikelompok Bermain (Kb) Al Muna Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and …, 4(2), 99–106. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/8046
Rasiman, R., Dwijayanti, I., & Koyimah, S. (2023). Profil Pendidik Pos Paud Kota Semarang Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 328–339. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16556
Saari, E. M., Mohamad Rasli, R., & Abdul Aziz, N. A. (2021). The Development of Career Pathway Framework for Early Childhood Care and Education: Malaysia Context. Southeast Asia Early Childhood, 10, 131–139. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=eric&AN=EJ129 6717&lang=es&site=ehost-live&scope=site&authtype=ip,shib
Sari, Y. M., & Huzairin, A. (2021). Manajemen Supervisi Dalam Lembaga PAUD Di TK Negeri Pembina Nasal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 187–196. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8166
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mix Methods). Alfa Beta bandung.
Sujarweni V Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap Praktis Dan Mudah Dipahami. Pustaka baru Press.
Sujarweni V Wiratna. (2024). Metodologi Penelitian Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka baru Press.
Suminar, T., Arbarini, M., Shofwan, I., & Loretha, A. (2021). Management of entrepreneurship training program in literacy village. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3523–3530.
Wan, D., Gu, R., & McLachlan, C. (2020). New kindergarten teachers’ career development trajectories in China: A problem-solving perspective. Australasian Journal of Early Childhood, 45(3), 228–240. https://doi.org/10.1177/1836939120936008
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Umi Mazidah, Tri Suminar, Diana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.