Implementasi Pendidikan Inklusi di Kelompok Bermain
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1614Kata Kunci:
Pendidikan Inklusi, Kelompok Bermain, Anak Berkebutuhan KhususAbstrak
Pendidikan inklusi merupakan reformasi dalam dunia pendidikan yang bertujuan meningkatkan kualitas, anti diskriminasi, meratakan atau memperluas akses pendidikan dan upaya merubah pandangan masyarakat terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pendidikan inklusi di Kelompok Bermain. Penelitian difokuskan pada tiga Kelompok Bermain di Kecamatan Jatiuwung. Metode penelitian yang digunakan secara kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada kegiatan observasi peneliti melihat kegiatan belajar mengajar di tiga kelompok bermain yang menerapkan pendidikan inklusi, selanjutnya wawancara dilakukan untuk mengetahui faktor pendukung dan hambatan yang dalam menerapkan pendidikan inklusi. Dokumentasi yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa peneliti benar telah melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru dan orangtua siswa untuk mendapatkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Pendidikan inklusi di Kelompok Bermain belum berjalan secara optimal. Meskipun sudah ada upaya yang dilakukan, namun masih terdapat kendala yaitu terkait masih jarangnya pelatihan untuk tenaga pendidik, belum ada tenaga pendidik yang lulusan dari Pendidikan Luar Biasa (PLB), belum adanya kurikulum yang responsif untuk ABK dan fasilitas sekolah yang belum memadai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi Kepala sekolah dan pemangku kepentingan dalam hal ini Kementerian Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan inklusi, sehingga semua anak, termasuk ABK, dapat memperoleh akses pendidikan yang sama.
Referensi
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019
Ashari, D. A. (2021). Panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095-1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677
Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65-76. https://doi.org/10.25078/gw.v8i1.465
Dini, J. P. A. U. (2023). Pengaruh BIMTEK Guru Pembimbing Khusus terhadap Kinerja Guru Pembimbing Khusus TK Inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3935-3945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4807
Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 021, 1–17.
Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. Kepala Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf
Fatmawiyati, J., & Permata, R. S. R. E. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD. Flourishing Journal, 2(8), 567–582. https://doi.org/10.17977/um070v2i82022p567-582
Ghoni, M. D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Arrus Media.
Hardiyani, I. K. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Proses Pengembangan Kemandirian dan Kreatifitas di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Juwana. 14(1), 129–144. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1146
Insiatun, I., Karya, G., Ediyanto, E., & Sunandar, A. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi pada Jenjang PAUD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 873-878. http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/download/1291/1171
Kurniawati, R., Setyorini, W., Ahdaniyah, D. M., Buton, M., & Yunitasari, S. E. (2023). Kurikulum dan Pembelajaran Program Pendidikan Inklusi PAUD. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1307-1312. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1307-1312.2023
Margiyanto, M. (2022). Implementasi Pengelolaan PAUD Inklusi di Kelompok Bermain. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6956-6962. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Meka, M., Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. (2023). Pendidikan inklusi sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 20-30. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2109
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, L. T., Maghfiroh, M. N., Andika, D. S., Marcela, I. N., & Afifah, A. F. (2022). Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314-318. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.704
Sakti, S. A. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif pada lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238-249. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2019/1532
Shalehah, N., Suminar, T., & Diana, D. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autistic spectrum disorder (ASD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5757-5766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5287
Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. IAN Surakarta, 3 (2). https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/download/1337/493
Supena, A., Nuraeni, S., Soedjojo, R. P., Maret, W., Paramita, D., Rasyidi, C., & C, S. D. (2018). Pedoman penyelenggaraan pendidikan anak usia dini inklusif (guidelines for the implementation of inclusive early childhood education). Direktorat Pembinaan Pembinaan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pembinaan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 21, 30.
Ulfaturrizqiyah, R. (2023). Pendidikan Inklusi Pada Anak Usia Dini di KB Durian Emas Purwekerto. 1–68.
Utami, Y. S., & Islami, C. C. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Introvert pada Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education …, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1102
Vitriana, B., Purwanti, S., Honest, B., & Ramadhani, D. (2024). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 303–314. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.574
Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2m Stkip Siliwangi, 4(2), 7-11.http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/636/466
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lia Marliana, Nurul Fitria Kumala Dewi, Dahlan Eka Jaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.