Pengaruh Permainan Media Globe of Land And Water Terhadap Pengenalan Konsep Geografi Anak
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1908Kata Kunci:
Konsep Geografi, Globe of Land and Water, Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi, minat dan ketertarikan anak yang rendah dalam memahami konsep geografi seperti arah mata angin, lokasi dan tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Globe of Land and Water dapat meningkatkan pemahaman anak usia 5-6 tahun terhadap konsep geografi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk metode pre-eksperimental dengan desain Intact-Group Comparision. Data dikumpulkan melalui lembar observasi yang digunakan untuk mengamati kinerja dan aktivitas pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun sebanyak 36 anak yang dilakukan selama kurang lebih satu minggu, dokumentasi dilakukan dengan menggunakan catatan anekdot, pengambilan gambar maupun video untuk mengetahui aktifitas anak dan assessment dengan menggunakan pensekoran skala pemahaman konsep geografi anak. Hasil uji-t diperoleh nilai Signifikan 2 tailed sebesar 0,001 < 0,05 sebagaimana pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-Test jika H0 ditolak maka Ha diterima, maka anak-anak yang menggunakan media Globe of Land and Water memiliki peningkatan pemahaman konsep geografi yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini membuktikan bahwa penggunaan media tersebut efektif dalam membantu anak-anak memahami konsep-konsep geografi yang abstrak. Konstribusi dalam penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan globe of land and water dapat dilaksanakan sebagai variasi dalam proses belajar mengajar khususnya untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi anak.
Referensi
Alika, O. (2024). Pengaruh Konsep Geografi Melalui Pembelajaran IPAS Kelas 4 SD. Pena Edukasia, 2(3), 80–83. https://journal.cvsupernova.com/index.php
Brown, A., & Lee, K. (2018). Teaching Geography to Young Children. Early Education Research, 5(2), 234–250. https://doi.org/10.1023/A:1021292900592
Clark, N., & Adams, J. (2019). The Role of Play in Early Childhood Education. Play and Learning Journal, 5(2). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18500.73606
Firdaus, A. R., Sianturi, Y. R. U., & Rustini, T. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Globe Sebagai Media dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 3052–3058. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.961
Gandy, S. K. (2007). Developmentally Appropriate Geography. Social Studies and the Young Learner, 20(2), 30–32. www.nationalgeographic.com/
Ginsburg, R. K. (2018). Committee on Communications, & Committee on Psychosocial Aspects of Child and Family Health. The importance of play in promoting healthy child development and maintaining strong parent-child bonds. Pediatrics, 119(1), 182–191. https://doi.org/10.1542/peds.2006-269
Halomuan, U. (2021). Pemahaman Konsep Geografi Siswa dipengaruhi oleh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Gaya Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 26–42. https://doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8811
Handini, O. (2022). Pendidikan Perspektif Global Berwawasan Ke-SD-an. Unisri Press.
Hannibal, M. A. Z., Vasiliev, R., & Lin, Q. (2002). Teaching Young Children Basic Concepts of Geography: A Literature-Based Approach. Early Childhood Education Journal, 30(2). https://doi.org/10.1023/A:1021292900592
Hasanah, U. (2018). Media dan Sumber Belajar IPS Bagi Anak Usia SD/MI. Jurnal IJTIMAIYA, 2(1). https://doi.org/10.21043/ji.v2i1.4293
Hasnah, N. (2023). 3-Pengembangan Keterampilan Abad ke-21 Dalam (Nur Hasnah) Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 177(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.8051738
Hidayat, N. R. (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP AKTIVITAS SISWA. Jurnal Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 2(2), 55–63. https://sospendis.adisampublisher.org/index.php/1/article/view/29/51
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.22373/ji.v3i1.197
Isnaini, A., Sofian, F., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEAM terhadap Peningkatan Pemahaman Lingkungan Geografis pada Anak Usia 5-6 Tahun. 4, 885–894. http://jurnaledukasia.org
Kenyon, E., Coffey, C., & Kroeger, J. (2016). “Hey, I’ve Been There!” Using the Familiar to Teach World Geography in Kindergarten. Social Studies and the Young Learner, 29(2), 4–7. https://www.socialstudies.org/system/files/publications/articles/yl_2902164.pdf
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
Montessori, A. (2024, October 4). Montessori Geography Materials – Land & Water Forms. Montessori Academy.
Nisa, J. (2022). Literasi Geografi Model Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan (Jilid 1). Future Project Academy.
Pratama, H. (2024). Introduction to Geography Education Based on Exploration of The Surrounding Environment for Early Children. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 02(01), 95–101. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/7748
Purnomo, E., Juhadi, & Hardati, P. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Kendala terhadap Keterampilan dalam Pembuatan Media Pembelajaran Geografi Visualisasi Informasi Geospasial Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang. Edu Geography, 9(3), 175. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Surya Aprilyanti, D., & Wulansuci, G. (2023a). Cabang Ilmu Pengetahuan Sosial yang Diberikan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 620–629. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.358
Surya Aprilyanti, D., & Wulansuci, G. (2023b). Cabang Ilmu Pengetahuan Sosial yang Diberikan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 620–629. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.358
Utama, F., & Tanfidiyah, N. (2019). Pendekatan dalam Studi Islam Emphatic dan Homeschooling Scaffolding Vigotsky untuk Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 43–64.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Finahari Nur Khalawati, Anita Chandra Dewi Sagala, Mila Karmila, Ismatul Khasanah, Nila Kusumaningtyas, Agung Prasetyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.