Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur’an Pada Program Tahfidz Belia
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2073Kata Kunci:
Upaya Guru, Motivasi Hafalan, Tahfidz BeliaAbstrak
Menghafal merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan dorongan motivasi, ketekunan, pembiasaan, serta pendampingan yang tepat dari seorang pendidik. Pada anak usia dini, semangat dalam menghafal cenderung tidak stabil sehingga memerlukan dukungan yang berkelanjutan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi hafalan santri pada Program Tahfidz Belia di Pondok Pesantren Bustanul Qur’an Al-Asror. Penelitian menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui kegiatan observasi dan wawancara secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen serta catatan perkembangan hafalan santri. Hasil studi menunjukkan bahwa guru tahfidz berperan signifikan dalam membimbing santri selama proses menghafal. Guru tidak hanya bertindak sebagai motivator, tetapi juga sebagai pembimbing, inspirator, dan evaluator yang memantau perkembangan hafalan secara sistematis. Berbagai strategi diterapkan untuk meningkatkan motivasi, antara lain pemberian target hafalan, pendekatan individual, penghargaan, serta rutinitas tahfidz yang terstruktur. Pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan disiplin dan semangat belajar santri. Penelitian juga mengidentifikasi faktor penghambat, seperti usia yang masih dini, kurangnya fokus, dan pengaruh teman sebaya. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan program tahfidz yang lebih efektif.
Referensi
Ahmad Sabri. (2020). Trends of “Tahfidz House” Program in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 71–86. https://doi.org/10.21009/jpud.141.06
Akmansyah, M., Ramadhani, A., & Prawoto, A. (2025). Integrating Spiritual and Pedagogical Strategies in Tahfīdz Al - Qur ’ an Education : A Comparative Study of Two Pesantren in Metro City , Lampung. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 18(1), 75–86. https://doi.org/10.37812/fikroh.v18i1.1767
Albi, N. S., Hadiyanto, A., Hakam, A., & Wajdi, F. (2020). Metode Menghafal Alquran Tawazun dan Peningkatan Self Esteem Santri di Pesantren Daarul Huffadz Indonesia. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 16(2), 213–232. https://doi.org/10.21009/jsq.016.2.06
Alfisyah, N. L. (2022). Penerapan Metode Muroja’ah Sabqi pada Program Tahfidz Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah. Tsaqila | Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 3(1), 1–16.. https://doi.org/10.30596/tjpt.v3i1.433
AlHosaini, A. A. M. (2016). Qur’anic Approach To Installsocial Values Of The Child Proposed Model Fromverses Of Asking Authorization Surah Al-nur.
Aliksan, T. A. (2024). Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Minat Menghafal Pada Santri Kelas VIII MTs Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1951-1958. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1136
Ambarwati, R., Sri Wulan, & Elindra Yetti. (2025). Parental Involvement in Qur’anic Education for Early Childhood. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 116–128. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1203
Aniah, S., Darmayanti, N., & Arsyad, J. (2023). Pengaruh Minat dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Siswa Program Tahfizh. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 634–644. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.465
Anwar, A. (2005). Ulumul Qur’an Sebuah Pengantar. https://onesearch.id/Author/Home?author=Drs.+Abu+Anwar%2C+M.Ag
Asril, Z., Munawir, K., & Taufan, M. (2024). Competency Challenges of Tahfizh Teachers in Indonesia : Systematic Literature Review. 1, 11–27.
Atin Risnawati, & Dian Eka Priyantoro. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran | As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i1.9929
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (lima). Pustaka Pelajar. http://opac.lib.um.ac.id/index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=56071
Diana Azizah, Ilham, P. (2019). Upaya Tenaga Pendidk Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Menghafal Al-qur’an. Journal of Lifelong Leraning, 2(2), 105-110. https://doi.org/10.33369/joll.2.2.110-105
Dwi, N., Prakoso, E., Evelin, F. V., Ramadhani, D., Utami, A. W., Arum, S. S., & Wulandari, A. (2024). Strategi Meningkatkan Motivasi Murid Dalam Pembelajaran Tahfidz DI Mi- Al Mukhlasin. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(4), 148–154. https://doi.org/10.58540/jurpendis.v2i4.690
Fajar, & Rindaningsing, I. R. (2024). Teaching Tahfdz In The Toddler And Child Tahfidz House (Rautaba) Sidoarjo. International Journal Multidisciplinary (IJMI), 1(1), 54–61. https://doi.org/10.61796/ijmi.v1i1.45
Fauziah, H., Pramutya, A., & Tahfidz, U. (2023). Pengaruh mot ivasi belajar hafalan alqur’an terhadap ujian tahfidz. MASAGI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 219–225. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.555
Fu’ad, nabila nurul A. dan. (2022). The Role The Teacher In Building Interest In Memory Of The Qur’an During A Pandemic At Mit Sahabat Qur’an Ibnu Mas’ud Godean Sleman Yogyakarta. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5(1), 62–80. https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.245
Hasyim, D. (2025). Teachers ’ Professionalism in Improving the Quality of Students ’ Reading and Memorization of the Qur ’ an. Journal of Social Science and Education Research, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.59613/t8fan582
Henrik, G. P., Anil, V., & Maria, D. (2023). Memorizing the Quran to Improve Student Learning Achievement. World Psychology, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.55849/wp.v2i1.390
Hikmaturuwaida, Husin, Muyassarah, & Abdul Rashid bin Abdul Aziz. (2022). Implementation of Al-Quran Learning on the Development of Religious and Moral Values in Early Childhood. The International Conference on Education, Social Sciences and Technology (ICESST), 1(1), 99–108. https://doi.org/10.55606/icesst.v1i1.173
Huberman, mattehew B. M. dan A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru / Matthew B. Miles, A. Michael Huberman ; penerjemah, Tjetjep Rohendi ; pendamping, Mulyarto. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press), 1992. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=298242
Ikhwanuddin, M. (2016). Urgensi Motivasi Dalam Menghafal Al-qur’an Di Ma’had Tahfidz Al-qur’an Ihyaul Ulum Geresik. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(4), 1177–1197. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i4.1714
Insani, meilla zulfa. (2023). Upaya Guru Tahfidz Dalam Mengembangkan Kemampuan Menghafal Al-qur’an Siswa Kelas V Di SDIT Bina Insan Thoyibah Surakarta. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Khafidz, M. A. (2023). Peran Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an ( Studi Analisa Pada Santri di Pondok Pesantren Qurrota A ’ yun Keramat Jati Jakarta Timur ).
Lubis, F. M. R. dan L. (2018). Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghafal Alqur’an Di SDIT Al-Ikhlas Kanggo. III(01), 56–65.
Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01
Maulida, L., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh Pemberian Reward Stempel Prestasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Raudhotut Tholibin Bungo. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 231–241. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.494
Mohd Jamalil Ismail, Harun Baharudin, Khadijah Abdul Razak, and M. F. A. H. (2025). The Impact and Challenges of Mentoring Implementation in Hifz Al- Quran Teaching at Tahfiz Institutions in Malaysia: A Preliminary Review. IX(2454), 1175–1189. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47772/IJRISS.2025.9010217
Muhammad Kristiawan, N. R. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’, 3(2), 373-390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348
Nafisah, S. L., Suharsiwi, S., & Sudin, M. (2023). Teacher Parenting Patterns in Improving Students’ Ability to Memorize Al-Qur’an in Tahfidz Elementary School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1236–1244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3645
Nur Latifah. (2021). Pembelajaran Al Qur’an Pada Program Tahfidz Balita dan Anak Usia Dini. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.17
Prabowo, W., Sumardjoko, B., & Anshori, A. (2023). The Role of Asaatidz in Developing an Interest in Memorizing the Quran in Santriwan With the Kulliyyatu Tahfiidzil Quran Program at the Assalaam Islamic Modern Boarding School Pebelan Kartasura Sukoharjo. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(1), 495–502. https://doi.org/10.57235/jetish.v2i1.326
Putri, C. T., Oktavia, G., & Syafura, T. (2021). Teacher ’ s Strategy in Improving Students ’ Ability to Memorize the Qur ’ an. International Conference on Health Science, Green Economics, Educational Review and Technology 4, 94–103. https://doi.org/10.54443/ihert.v3i.248
Rahmat Fitra Prasitio, 2Danang Rizky, 3Saifullah Sanjaya, 4Farah Anjalina, 5Bustanur, 6Nofri Yuhelman. (2023). Pendampingan Kegiatan Tahfid Zul Qur ’ an Dalam Upaya Menanamkan Rasa Kecintaan Terhadap Al-Quran, Di Desa Pulau Padang Kecamatan Singingi. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 212–216. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3149
Ringgit, A., Putri, R., Sari, I. W., & Putri, R. E. (2020). Teacher Efforts to Increase Student Motivation in Memorizing the Quran. International Journal of MultidisciplinaryResearchof Higher Education, 3(4), 168–177. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v3i4.200
Rochanah. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Al-qur’an Pada Anak Uaia Dini Melalui Metode Qiro’ati. Iainkudus, 7.
Rosnina, W., Wan, S., & Baharuddin, H. (2025). Challenges Faced by Islamic Education Teachers in Teaching the Subject of Al-Quran in Primary Schools. 15(01), 1324–1335. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v15-i1/24619
Salma Anisa, M. M. (2023). Assessing the Effectiveness of the Tahfidz Program: A CIPP (Context, Input, Process, and Product) Model Evaluation Approach Salma. TADIBIA ISLAMIKA: Journal of Holistic Islamic Education, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.28918/tadibia.v3i2.1165
Sardiman.A.M. (2018). Ineraksi Motivasi Belajar Mengajar (24th ed.). PT Rajagrafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136421
Sari, R. M., Zou, G., & Jie, L. (2022). The Use of Murajaah Method in Improving Qur ’ an Memorization : Tahfiz A-Qur ’ an. International Journal of Educational Narratives, 1(2) https://doi.org/10.55849/ijen.v1i2.304
Sirin, S., Metin, B., & Tarhan, N. (2021). The Effect of Memorizing the Quran on Cognitive Functions. The Journal of Neurobehavioral Sciences, 8(1), 22–27. https://doi.org/10.4103/jnbs.jnbs_42_20
Sofiana. (2020). Peran Guru Dalammembina Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Al-Barokah Yogyakarta. 16. http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/2097
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2013. http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=30031
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan (7th ed.). PT.Bumi Aksara Jl.Sawo raya No.8.
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305
Syafi’i, M., Solichin, M., Mutaqin, I., Amrulloh, A., Nurjanah, E., Cahyaningsih, D., & Suspahariati, S. (2023). The Role and Competence of Islamic Education Teachers in Realizing the Goals of Islamic Education in the 5.0 Era. International Journal of Research Publication and Reviews, 4(3), 2726–2729. https://doi.org/10.55248/gengpi.2023.4.33302
Syarifah, Z. (2020). Peranan Guru Ngaji Dalam Mengatasi Masalah Kemampuan Menghafal Al-qur’an Santri Komplek Dua Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. 21(1), 1–9.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis dibidang Pendidikan (1st ed.). Bumi Aksara 2013. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=382
Wahda Zulfa Inayatuz Zahra, Luluk Ifadah, Faizah, M. A. S. (2024). Optimizing juz 30 memorization through traditional qur’anic methods: Tasmi’ and muroja’ah at baitul huda. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 3(2), 22–26. https://doi.org/10.59944/amorti.v4i2.372
Wijaya, A. C. (2024). The Effectiveness of Traditional and Modern Memorization Techniques for Quranic Learning in Indonesia. Edu Spectrum: Journal of Multidimensional Education, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.70063/eduspectrum.v1i1.27
Yasmin, A., Hidayad, M. Y., & Widoyo, A. F. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Kecintaan Al-Qur’an Pada Anak Sejak Usia Dini. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 153. https://doi.org/10.54090/aujpai.v2i1.18
Zulfiyanti, N., Aisyah, S., & Surbakti, A. (2025). Effectiveness of Joyful Learning Using Tahfidz Cards on Al-Qur’an Memorization Ability and Happiness of Kindergarten Students. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 440–456. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1637
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Alawiyah Kharisma Yusuf, Ali Formen, Ali Sunarso, Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



