Penerapan Metode Show and Tell Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun

Penulis

  • Yuwandha Styo Andini Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ida Yeni Rahmawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2115

Kata Kunci:

Show and Tell, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini, Pengembangan Bahasa

Abstrak

Show and Tell merupakan metode pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri anak melalui kegiatan menunjukkan benda dan menceritakan kisah di baliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Show and Tell dalam menguatkan kemampuan berbicara anak usia 4–5 tahun di TK Dharma Wanita 01 Badegan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi terhadap pelaksanaan kegiatan, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, serta dokumentasi berupa rencana kegiatan dan hasil evaluasi pembelajaran. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber. Indikator kemampuan berbicara yang dianalisis meliputi pelafalan, volume suara, pilihan kata, intonasi dan jeda, kelancaran berbicara, serta rasa percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Show and Tell mampu meningkatkan keterampilan berbicara, partisipasi aktif, dan kepercayaan diri anak melalui kegiatan berbagi benda pribadi. Metode ini juga memperkuat hubungan antara rumah dan sekolah serta memperdalam pemahaman anak terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penerapan Show and Tell memerlukan perencanaan dan pengelolaan kelas yang efektif agar dapat menjadi strategi pembelajaran yang optimal dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak usia dini.

Referensi

Ariska, K., & Suyadi, S. (2020). Penggunaan metode show and tell melalui media magic box untuk meningkatkan kemampuan bahasa dalam pendidikan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 102–114. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.626

Arsa, T., Sahib, A., & Siswanto, S. (2024). Pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. IAIN Curup.

Azmah, A. U., Putri, D. M., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). Literatur Review: Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kemampuan Berbahasa Siswa di Sekolah Dasar (SD). Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i2.1582

Butarbutar, J. N., Pendidikan, P., Kristen, A., Naibaho, D., Pendidikan, P., & Kristen, A. (2024). Mampu Menggunakan Strategi dan Metode Pembelajaran . Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i1.243

Etta, M. S. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. In Andi Offset, Yogyakarta.

Fatimah, F., Zahro, I. F., & Wulansuci, G. (2023). Microsoft Power Point: Implementasi Bahan Ajar terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini melalui Bercerita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 636–644. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i6

Fauziyyah, N., & Syahidin, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ansori. Kiddie: Early Childhood Education and Care Journal, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.52593/kid.01.1.03

Gunawan, I. (2013). Metode Kualitatif. Bumi Aksara.

Hanipah, F., & Siagian, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Literatus, 5(1), 56–59. https://doi.org/10.37010/lit.v5i1.1134

Huttenlocher, J., Vasilyeva, M., Waterfall, H. R., Vevea, J. L., & Hedges, L. V. (2007). The varieties of speech to young children. Developmental Psychology, 43(5), 1062–1083. https://doi.org/10.1037/0012-1649.43.5.1062

Kadek, N., Antini, A., Magta, M., Ujianti, P. R., Dasar, J. P., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh Metode Show And Tell terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18884

Khaerunnisa, T. (2022). Implementasi Metode Bermain Show And Tell dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Tema Binatang. Al-Auladi: Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Kusumawardani, Y., Rahmawati, I. Y., & Muttaqin, M. ’Azam. (2024). Implementasi Literasi Dasar Untuk Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di TK Kusuma Bangsa 02 Tambakmas. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8826

Maftuhah, A., & Ariyati, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Metode Show And Tell di TK Pertiwi 01 Cingebul. Khazanah Pendidikan, 16(1), 164–172. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13386

Menyimak, K., Usia, A., Fuadah, M., Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2022). Pengaruh Dongeng Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1974

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Depublish.

Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 373–386. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2016). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Prschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 60–76. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074

Nyoman, N., Ratnadi, A., Marleni, K. D., & Arlinayanti, K. D. (2021). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIKA, 12(1), 53-60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.636

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Pekembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(2), 153–163. https://doi.org/10.21009/JKKP.082.04

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Rahmawati, I. Y. (2016). CD interaktif sebagai media pembelajaran berbahasa bagi anak usia dini di Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, 1(1). https://doi.org/10.24269/jin.v1i1.225

Rahmawati, I. Y., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., Fadlillah, M., & Ponorogo, U. M. (2021). Aktualisasi Whole Language sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 49–60. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1797

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Salsabila, S. R. A., Yuniarti, R., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dengan Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay). PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 307–316. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15615

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulistianah, & Tohir, A. (2020). Pengaruh Metode Show And Tell terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. SeBaSa, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.29408/sbs.v3i1.2184

Syazali, M., Olivia, N., & Sobri, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Siswa melalui Penerapan Metode Show And Tell. EL-HIKAM: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keagamaan, XVI(1).

Yuniriyanti, E., Sudarwati, R., Subianto, T., Ekonomi, F., & Malang, U. M. (2019). PKM: Paud PKK Al Ikhsan Desa Panggungrejo Wujud Sinergi Desa dan Pendidikan Anak Usia Dini. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(3), 210–215. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i3.22758

Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908

Diterbitkan

2025-11-18