Analisis Minat Belajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital Sekolah Enuma
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2359Kata Kunci:
Minat Belajar, Media Pembelajaran Digital, Sekolah Enuma, Anak Usia DiniAbstrak
Penggunaan media pembelajaran digital yang tepat sangat penting untuk menarik minat belajar anak. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di TK Puspita, peneliti menemukan guru telah menggunakan media pembelajaran digital dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media pembelajaran digital Sekolah Enuma di Kelurahan Jati Pulo Kecamatan Palmerah dan mengidentifikasi peran media pembelajaran digital Sekolah Enuma dalam menumbuhkan minat belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan 2 orang guru dan 3 orang anak, teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Sekolah Enuma meningkatkan perhatian, keterlibatan aktif, rasa ingin tahu, dan kepuasan belajar anak. Media Pembelajaran Digital Sekolah Enuma terbukti mampu menarik minat belajar anak melalui konten interaktif dan visual yang menarik. Kontribusi dalam penelitian ini memberikan wawasan kepada guru dan orang tua untuk memberikan media pembelajaran yang tepat dalam menarik minat belajar anak.
Referensi
Adillah, R., Arfika, N., Purba, F. P. Y., & Yus, A. (2023). Analisis media belajar digital di generasi Alpha era Society 5.0 mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 84–88. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3177
Ainaya Hanum Lutfia, Kusumaningsih, W., & Suneki, S. (2023). Analisis pemanfaatan media Math Playground dalam pembelajaran matematika kelas 1 materi pengurangan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3676–3684. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1220
Ainiyah, F., Eska, N., & Nasution, A. (2025). Pengembangan media pembelajaran digital Google Sites berbasis inkuiri terbimbing pada materi fungi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X MA Ma’arif Jember. Jurnal Penelitian Nusantara, 1(6), 974–984. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i6.466
Andi Arbaina Fariza, Andi Nurfadillah, & Abdan Syakur. (2023). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran IPAS kelas IV UPTD SDN 145 Inpres Pampangan. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(3), 44–56. https://doi.org/10.51903/education.v3i3.440
Chang, Y. S., Hu, K. J., Chiang, C. W., & Lugmayr, A. (2020). Applying mobile augmented reality (AR) to teach interior design students in layout plans: Evaluation of learning effectiveness based on the ARCS model of learning motivation theory. Sensors (Switzerland), 20(1). https://doi.org/10.3390/s20010105
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and a mixed-method approach. SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Goleman, D. (2013). Emotional intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis kemampuan guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297–303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555
Jadidah, I. T., Awalia, E. S., Abdillah, A., Ananta, S., & Darmawan, N. (2023). Analisis kemampuan calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Significant: Journal of Research and Multidisciplinary, 1(2), 62–67. https://doi.org/10.62668/significant.v1i02.658
Kandori, I. (2022). Penerapan media pembelajaran digital berbasis Android dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 165–175. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1936
Maulida, L., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh pemberian reward stempel prestasi terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Raudhotut Tholibin Bungo. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.494
Metanoia, C. V., Blanca, A. I., & Larosa, R. (2024). Transformasi pembelajaran calistung untuk murid SD. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 64–72. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.64-72
Muktar, M. (2019). Pendidikan behavioristik dan aktualisasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.52166/tabyin.v1i1.4
Novianti, F. (2021). Analisis framing media online dalam pemberitaan bunuh diri di Lampung.
Putra, L. D., Amelia Marin, W., Soleha, I., & Kafka Ravendra, P. (2023). Analisis media pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Negeri Grogol. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 131–137. https://doi.org/10.55583/jkip.v4i1.598
Ramadhani, I. R., Susiana, A., Anli, R. M., & Rizqa, M. (2025). Analisis efektivitas media pembelajaran interaktif Quizizz dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam, 2(3), 264–271. https://doi.org/10.71242/zh230473
Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis kemampuan guru PAI dalam merancang media pembelajaran berbasis digital di MAN 1 Medan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 29–32. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.234
Rozi, & Arifin, S. (2025). Implementasi Teori Belajar Behavioristik B.F. Skinner dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar TaQu Cahaya Ummat Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd), 6(1), 187–192. DOI:10.29303/goescienceed.v6i1.537
Senjaya, R. P. (2022). Pengembangan media komik digital (MEKODIG) dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Judikdas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248
Siregar, A. (2021). Analisis evaluasi pengembangan media komik digital pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114. https://api.core.ac.uk/oai/oai:ojs.jurnal.polsri.ac.id:article/3342
Sisworo, A. W., Sari, N., Syekh, I., Halim, A., & Insan, H. (2025). Analisis media pembelajaran berbasis permainan digital terhadap minat belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Nurul Iman Berngam Binjai. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 2(2), 1277–1281.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya (Edisi revisi, cetakan ke 6). Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019a). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tabina, M. H. C. T., Mubarok, A. I., Sari, I. M., Nabela, Y. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Analisis media pembelajaran interaktif dalam minat belajar siswa kelas 5 SD 03 Tergo. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2493–2502. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.4219
Rahmawati, Y. P., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Efektivitas penggunaan media virtual reality dalam pembelajaran sains. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 101–110. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/766
Ridanti, J. F., & Suryana, D. (2024). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 140–150. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/391
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eka Yunita, Nurbiana Dhieni, Nurjannah Nurjannah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



