Analisis Minat Belajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital Sekolah Enuma

Penulis

  • Eka Yunita Universitas Negeri Jakarta
  • Nurbiana Dhieni Universitas Negeri Jakarta
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2359

Kata Kunci:

Minat Belajar, Media Pembelajaran Digital, Sekolah Enuma, Anak Usia Dini

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran digital yang tepat sangat penting untuk menarik minat belajar anak. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di TK Puspita, peneliti menemukan guru telah menggunakan media pembelajaran digital dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media pembelajaran digital Sekolah Enuma di Kelurahan Jati Pulo Kecamatan Palmerah dan  mengidentifikasi peran media pembelajaran digital Sekolah Enuma dalam menumbuhkan minat belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan 2 orang guru dan 3 orang anak,  teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Sekolah Enuma meningkatkan perhatian, keterlibatan aktif, rasa ingin tahu, dan kepuasan belajar anak. Media Pembelajaran Digital Sekolah Enuma terbukti mampu menarik minat belajar anak melalui konten interaktif dan visual yang menarik. Kontribusi dalam penelitian ini memberikan wawasan kepada guru dan orang tua untuk memberikan media pembelajaran yang tepat dalam menarik minat belajar anak.

Referensi

Adillah, R., Arfika, N., Purba, F. P. Y., & Yus, A. (2023). Analisis media belajar digital di generasi Alpha era Society 5.0 mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 84–88. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3177

Ainaya Hanum Lutfia, Kusumaningsih, W., & Suneki, S. (2023). Analisis pemanfaatan media Math Playground dalam pembelajaran matematika kelas 1 materi pengurangan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3676–3684. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1220

Ainiyah, F., Eska, N., & Nasution, A. (2025). Pengembangan media pembelajaran digital Google Sites berbasis inkuiri terbimbing pada materi fungi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X MA Ma’arif Jember. Jurnal Penelitian Nusantara, 1(6), 974–984. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i6.466

Andi Arbaina Fariza, Andi Nurfadillah, & Abdan Syakur. (2023). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran IPAS kelas IV UPTD SDN 145 Inpres Pampangan. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(3), 44–56. https://doi.org/10.51903/education.v3i3.440

Chang, Y. S., Hu, K. J., Chiang, C. W., & Lugmayr, A. (2020). Applying mobile augmented reality (AR) to teach interior design students in layout plans: Evaluation of learning effectiveness based on the ARCS model of learning motivation theory. Sensors (Switzerland), 20(1). https://doi.org/10.3390/s20010105

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and a mixed-method approach. SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Goleman, D. (2013). Emotional intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis kemampuan guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297–303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555

Jadidah, I. T., Awalia, E. S., Abdillah, A., Ananta, S., & Darmawan, N. (2023). Analisis kemampuan calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Significant: Journal of Research and Multidisciplinary, 1(2), 62–67. https://doi.org/10.62668/significant.v1i02.658

Kandori, I. (2022). Penerapan media pembelajaran digital berbasis Android dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 165–175. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1936

Maulida, L., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh pemberian reward stempel prestasi terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Raudhotut Tholibin Bungo. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.494

Metanoia, C. V., Blanca, A. I., & Larosa, R. (2024). Transformasi pembelajaran calistung untuk murid SD. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 64–72. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.64-72

Muktar, M. (2019). Pendidikan behavioristik dan aktualisasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.52166/tabyin.v1i1.4

Novianti, F. (2021). Analisis framing media online dalam pemberitaan bunuh diri di Lampung.

Putra, L. D., Amelia Marin, W., Soleha, I., & Kafka Ravendra, P. (2023). Analisis media pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Negeri Grogol. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 131–137. https://doi.org/10.55583/jkip.v4i1.598

Ramadhani, I. R., Susiana, A., Anli, R. M., & Rizqa, M. (2025). Analisis efektivitas media pembelajaran interaktif Quizizz dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam, 2(3), 264–271. https://doi.org/10.71242/zh230473

Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis kemampuan guru PAI dalam merancang media pembelajaran berbasis digital di MAN 1 Medan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 29–32. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.234

Rozi, & Arifin, S. (2025). Implementasi Teori Belajar Behavioristik B.F. Skinner dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar TaQu Cahaya Ummat Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd), 6(1), 187–192. DOI:10.29303/goescienceed.v6i1.537

Senjaya, R. P. (2022). Pengembangan media komik digital (MEKODIG) dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Judikdas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248

Siregar, A. (2021). Analisis evaluasi pengembangan media komik digital pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114. https://api.core.ac.uk/oai/oai:ojs.jurnal.polsri.ac.id:article/3342

Sisworo, A. W., Sari, N., Syekh, I., Halim, A., & Insan, H. (2025). Analisis media pembelajaran berbasis permainan digital terhadap minat belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Nurul Iman Berngam Binjai. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 2(2), 1277–1281.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya (Edisi revisi, cetakan ke 6). Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019a). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tabina, M. H. C. T., Mubarok, A. I., Sari, I. M., Nabela, Y. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Analisis media pembelajaran interaktif dalam minat belajar siswa kelas 5 SD 03 Tergo. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2493–2502. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.4219

Rahmawati, Y. P., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Efektivitas penggunaan media virtual reality dalam pembelajaran sains. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 101–110. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/766

Ridanti, J. F., & Suryana, D. (2024). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 140–150. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/391

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.

Diterbitkan

2025-11-26