Meningkatkan Kemampuan Literasi Dengan Pembiasaan Membaca Cerita Anak Usia 4-5 Tahun

Penulis

  • Alvina Pinova Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Redi Awal Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2442

Kata Kunci:

Literasi Anak, Membaca Cerita, Pembiasaan

Abstrak

Penelitian dilakukan berdasarkan temuan pada observasi awal yaitu bahwa dari 16 anak, sebanyak 13 atau 87% anak masih menunjukkan tingkat literasi yang rendah, delapan anak cenderung bermain sendiri, tiga anak mengantuk, dan dua anak merasa tidak yakin dengan apa yang bisa mereka lakukan, sedangkan tiga anak lainnya sudah mulai memperlihatkan kemampuan literasi yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi awal, melakukan perencanaan kegiatan pembelajaran (planning) kemudian melakukan tindakan (acting) sesuai dengan yang telah disusun dalam perencanaan pembelajaran, dan observasi pada saat kegiatan berlangsung, setelah itu dilakukan refleksi terhadap perkembangan anak. Hasil siklus pertama, menunjukan peningkatan sebesar 20,05% menjadi 64,06% dan pada siklus dua mencapai 83.85%. Hal tersebut menunjukan bahwa kegiatan pembiasaan membaca cerita yang dilakukan di TK Cambridge Preschool Child and Care di Depok memberikan peningkatan terhadap kemampuan literasi anak. Ini menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan membaca cerita dapat terus dilakukan sebagai metode pembelajaran di lembaga tersebut.

Referensi

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fuadah. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Buku Ilustrasi di RA Nurul Falah Karawang.

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19-24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.370

Hasanah, U. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(01), 10-24. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973

Hidayah, R., Hariyanti, D. P. D., Purwadi, Munawar, M., Pusari, R., & Luthfy, P. A. (2025). Analisis Penggunaan Metode Bercakap-Cakap Untuk Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(3). https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.2168

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca Bahasa & Sastra Indonesia, 1(2), 187-194. https://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v1i2.2734

Hudhana, W.D. & Ariyana, A. (2018). Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Dongeng. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 80-85. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i2.882

Igak Wardani. (2017). Wihardi Kuswaya. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Maulida, S. & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Melalui Media Abc Magnet Box di RA M Gandu I. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 197-207. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8049

Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120–139. https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i2.199

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of Early Childhood Programs Literacy Movement on Students’ Interest and Reading Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173–7185. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3594

Ramadanti. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245

Sumaryanti. (2018). Membudayakan Literasi pada Anak Usia Dini dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suyanto. (2015). “Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Depdiknas.”

Syafmaini, I. E., Shantini, Y., & Pramudia, J. R. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di TK Kasih Bunda, Kab. Tanah Datar. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 197-207. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.478

Syarbini. (2015). “Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.”

Tobing, M. E., & Napitulu, R. H. M. (2023). Analisis Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Dengan Spektrum Autism (ASA) Pada PAUD Biru Bangsa. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 257–264. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3016

Ulfadilah, N. & Setiasih, O. (2024). Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 351-358. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1062

Umi Latifah. (2014). “Pengembangan Keterampilan Membaca Awal Melalui Kartu Kata Bergambar.”

Wibowo, D. V. H., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air Di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 74-86. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4481

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21. https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11539

Diterbitkan

2025-11-28