Pengembangan Media Buku Interaktif Bergambar Pada Materi Perbandingan Jumlah Untuk Anak Usia Dini

Penulis

  • Riski Indriyani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2338

Kata Kunci:

Media Buku Interaktif Bergambar, Perbandingan Jumlah, Anak Usia Dini, Pengembangan

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pengembangan buku interaktif bergambar sebagai media pembelajaran untuk mengajarkan konsep perbandingan jumlah pada anak usia dini. Penelitian ini mengatasi kebutuhan kritis akan alat pendidikan yang lebih efektif dan menarik, karena metode pengajaran konvensional seringkali terbukti tidak memadai dan tidak sesuai dengan karakteristik kognitif anak pada tahap pra-operasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), dengan model ADDIE. Proses ini mencakup tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 11 siswa taman kanak-kanak, usia 5-6 tahun. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media ini sangat valid, mencapai skor validitas rata-rata 96,36%. Selain itu, uji kepraktisan memberikan umpan balik yang sangat positif, dengan skor 90,9% dari guru dan 91,24% dari orang tua, yang menegaskan kegunaan praktis media ini. Uji coba pada siswa juga mengungkapkan peningkatan signifikan dalam antusiasme, keterlibatan aktif, dan pemahaman menyeluruh anak terhadap perbandingan jumlah. Pada dasarnya, kontribusi praktis dari studi ini adalah pengembangan media pembelajaran inovatif yang valid, praktis, dan efektif yang dapat menjadi sumber daya berharga bagi para pendidik dan orang tua.

Referensi

Aaqilah, F. S., & Setyowulan, A. (2025). Strategi Visual Desain Karakter Dalam Media Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini (4-6 Tahun). Edu Aksara: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.5281/zenodo.16794987

Adawiyah, E. R., Winarno, A., & Onia, S. I. (2024). Effectiveness of Interactive Learning Media Development Based on Articulate Storyline 3 in Elementary School Education. EDUCARE: Journal of Primary Education, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.35719/educare.v5i2.253

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3d. Jurnal Education and Development : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9, 433–438. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3206

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Etyarisky, V., & Marsigit, M. (2022). The Effectiveness of Interactive Learning Multimedia with a Contextual Approach to Student’s Understanding Mathematical Concepts. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3101–3110. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.941

Ferry, A. L., Corcoran, M. G., Williams, E., Curtis, S. M., Gale, C. J., & Twomey, K. E. (2025). Bigger versus smaller: Children’s understanding of size comparison words becomes more precise with age. Child Development, 96 (2)(2), 492–507. https://doi.org/10.1111/cdev.14182

Firdaus, U. R., & Prasetyo, S. (2025). Effectiveness of Using Interactive Multimedia For Early Childhood Learning. Jurnal AUDHI, 07(02), 102–112. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHIB

Handayani, I., Mustikaati, W., Anazah, Zakiyyan, F., & Robiah, S. (2025). Pemahaman Perkembangan Kognitif Anak Sebagai Kunci Pembelajaran Yang Efektif. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2, No 10, 260–265. https://doi.org/10.5281/zenodo.15447142

Handoko, N. M. L., Rahmadianto, S. A., & Sukmaraga, A. A. (2021). Perancangan Buku Cerita Digital Legenda Batu Menangis Dan Game Interaktif Berbasis Android Untuk Penanaman Nilai Moral Usia 4-6 Tahun. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.33479/sb.v2i1.141

Husaini, Q. M., Asiah, A., Suryani, H., Wahidah, S., & Sunarsih, T. (2025). Penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE) Rumah Pintar Matematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Anak Usia Dini. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 337–347. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.551

Jesse, A., Bramantya, B., & Pratama, R. S. (2015). Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun. Doctoral Dissertation, Petra Christian University.

Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Model Treffinger Bagi Siswa Sma. Journal of Education Technology, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Kristanto, D.S., A. C., & Munawaroh. (2018). Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Melalui Media Big Book Pada Kelompok B Tk Tunas Bhakti Damar Banyumanik Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.2479

Kurniansyah, M. Y., Masya, H., & Kholifah, N. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Mengetahui Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan IslamAnak Usia Dini, 01, 1–17.

Latifah, U. T., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2022). Profil Kemampuan Perbandingan Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Gugus Melati Karanganyar. Jurnal Kuamara Cendikia, 10(1). https://doi.org/10.20961/kc.v10i1.56288

Lestari, N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Luthfillah, N., Yusuf Muslihin, H., & Rahman, T. (2022). Analisis Pengembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2128

Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Researchgate, 1(1).

Marwati, T., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Konsep Keliling dan Luas Daerah Persegi Panjang untuk Siswa Kelas IV SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25270

Muchtar, L. L., Setiawan, E., & Sulyandari, A. K. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Pohon Angka Untuk Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Miftahul Huda II. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Mutiara, S., & Agustin, M. (2017). Profil Kompetensi Early Math Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Deskriptif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Az-Zahra Kota Bandung). GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1). https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2683

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Pakpahan, Y. A., Bancin, E. L., Anggraini, E. S., & Nasriah, N. (2020). Penerapan Metode Variasi Menjelaskan Dengan Media Buku Dongeng Terhadap Perkembangan Kemampuan Numerik (Matematika) Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Jurnal Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.22190

Prahesti, S. I. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ahbabul Ulum Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.134

Rahman, I., & Wulan, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Digital. TIFLUN: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 18–20. https://doi.org/10.61992/tiflun.v1i1.80

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Rozi, F., Mubarak, A. F., & Humaidah, H. (2021). Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 266–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8339

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2, No 1(1), 470–477.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta.

Sulaikhah, S., P Utaminingsih, S., & Sumaji, S., (2022). Pengembangan Bahan Ajar Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian Bilangan Pecahan Kelas V Sd. JGK (Jurnal Guru Kita), 6 No 4, 496–510. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.38735

Suryani, L., & Andriyati, N. (2025). Implementasi media pembelajaran berbasis visual thinking strategy dalam membangun berpikir kritis anak usia dini. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(1), 38. https://doi.org/10.29210/1202525527

Syafmaini, I. E., Shantini, Y., & Joni Rahmat Pramudia. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di TK Kasih Bunda, Kab. Tanah Datar. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 192–207. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.478

Widhiharsanto, I., & Akkas, M. (2023). Panduan Guru: Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni (R. N. Permana & E. Indarti, Eds.). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Diterbitkan

2025-11-02