Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak

Penulis

  • Dewi Yulan Universitas Tadulako
  • Durrotunnisa Durrotunnisa Universitas Tadulako
  • Sita Awalunnisa Universitas Tadulako
  • Sofiyanti Nur Zuama Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2402

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Motorik Kasar, PAUD, Permainan Ular Tangga

Abstrak

Perkembangan motorik kasar merupakan aspek mendasar pada masa anak usia dini karena melibatkan koordinasi otot besar yang menunjang aktivitas gerak sehari-hari. Namun, sebagian anak belum memperoleh stimulasi yang memadai untuk mengoptimalkan keterampilan tersebut. Salah satu bentuk stimulasi edukatif sekaligus menyenangkan adalah melalui permainan tradisional, seperti ular tangga. Permainan ini tidak hanya menghibur tetapi juga membantu anak melatih keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap keterampilan motorik kasar anak Kelompok A di TK Negeri Lantula Jaya Kabupaten Morowali. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen one group pretest–posttest. Subjek penelitian berjumlah 12 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan instrumen penilaian mencakup aspek keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan motorik kasar setelah perlakuan. Pada tahap posttest, lebih banyak anak yang mencapai kategori “Berkembang Sesuai Harapan” dan “Berkembang Sangat Baik” dibandingkan dengan kondisi awal. Analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti permainan ular tangga efektif sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini.

Biografi Penulis

  • Sita Awalunnisa, Universitas Tadulako

     

     

Referensi

Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 114–122. https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924

Ashar, & Inrawulan. (2021). Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 8–16. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.20701

Aye, T., Oo, K. S., Khin, M. T., Ahuja, T. K., & Maruyama, H. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. The Journal of Physical Therapy Science, 29(1), 1772–1778. https://doi.org/10.1589/jpts.29.1772

Azzahra, D. Z., Nafiqoh, H., & Rakhman, A. (2024). Pengembangan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-6 Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(1), 74–81. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/ceria/article/view/21510

Dewi, D. S., Nurjama, I., & Fitria, E. (2024). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 289–302. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.776

Dzakiyyah, D. M. N., Widiyanto, Susanto, N., Nurhuda, P., Pavlovic, R., Fauziah, D. N., & Kurniawan, R. (2024). Melatih Motorik Kasar Anak Pra-Sekolah melalui Permainan Tradisional: A Literatur Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1647–1656. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6244

Khomsin, & Rahimmatussalisa. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Liani, P. N., Ambarwati, H., & Tristya, I. (2023). Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Sosial Dan Hukum, 1(2), 71–101. https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.136

Moha, R., Ardini, P. P., & Juniarti, Y. (2025). Pengaruh Permainan Ular Tangga Raksasa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jambore Arena Sports, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/jas.v2i1.26410

Pahendra, Selman, H., Rohmiati, Said, H., Sasnita, U., Nasir, & Rusli, T. I. (2021). Sirkuit Bola Keranjang: Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2025–2036. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1077

Prihatini, V. A. (2022). Implementasi Permainan Ular Tangga Raksasa dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 62–82. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10346

Rahmawati, D. A., & Azmy, B. (2025). Pengaruh Stop Moption Graphic Berbasis Aplikasi Interaktif terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. ARZUSIN, 5(2), 419–427. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i2.5099

Ramahwanti, I., & Mashudi, E. A. (2025). Efektivitas Permainan Ular Tangga Raksasa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Ash Shobiy, 4(1), 28–34. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/Ash-Shobiy/article/view/2156

Royani, I., & Suryana, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan melaui Bermain Ular Tangga pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3705

Sari, B. F., & Raihana. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2021.vol4(2).6743

Septriani, V., & Yeni, I. (2023). Pengaruh Permainan Ular Tangga Raksasa Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanakkanak Islam Al-Azhar 32 Padang. AURA: JURNAL PENDIDIKAN AURA, 4(2), 128–136. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.933

Setyaningsih, D., Sirjon, & Mamma, A. T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5- 6 Tahun melalui Permainan Bakiak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7036–7044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2573

Wahyuni, I. W., Muazimah, A., & Misda. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68. v https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.24307

Wardani, H., Astini, B. N., Rachmayani, I., & Astawa, I. M. S. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020. Jurnal Paud Unram, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i1.2884

Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4190–4198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391

Diterbitkan

2025-11-27