Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah

Penulis

  • Feza Arhami Universitas PGRI Semarang
  • Anita Chandra Dewi Sagala Universitas PGRI Semarang
  • Ismatul Khasanah Universitas PGRI Semarang
  • Elis Komalasari Sultan Idris Education University
  • Agung Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang
  • Oktavia Indah Permata Sary Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i4.2774

Kata Kunci:

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Daur Ulang Sampah, Dimensi Bernalar Kritis

Abstrak

Peningkatan mutu pendidikan anak usia dini menuntut guru mampu mengembangkan karakter serta keterampilan berpikir kritis sejak usia dini. Urgensi penelitian ini didasarkan pada pentingnya penerapan Kurikulum Merdeka, yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karena pelaksanaan P5 di PAUD masih dalam tahap awal, penelitian ini memberikan kontribusi empiris mengenai praktik implementasinya di lapangan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan kegiatan P5 pada dimensi bernalar kritis untuk anak usia 5–6 tahun melalui proyek daur ulang sampah di RA Al-Maskuri Kayen, Pati. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan melibatkan 15 anak, 2 guru, dan 1 lembaga pendidikan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5 berbasis daur ulang mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengajukan pertanyaan, mengenali masalah, dan mengemukakan alasan atas keputusan mereka. Guru juga mulai mampu mengintegrasikan konsep bernalar kritis melalui pendekatan yang kontekstual dan partisipatif. Penelitian ini merekomendasikan agar guru mengikuti pelatihan lanjutan guna memaksimalkan penerapan P5 dalam pembelajaran PAUD.

Referensi

Aeni, S. Q., & Setiasih, O. (2024). Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini : Strategi Komunikasi Guru. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Anak Usia Dini.13(1), 28–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18072

AKYOL, T., ŞENOL, F. B., & CAN YAŞAR, M. (2022). The Effect of Project Approach-Based Education on Children’s Early Literacy Skills. International Journal of Contemporary Educational Research, 9(2), 248–258. https://doi.org/10.33200/ijcer.1024470

Ardiansyah, & Saqjuddin. (2025). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(2), 75-86. https://doi.org/10.54297/jpmd.v1i2.1227

Buil, P., Roger-Loppacher, O., & Tintoré, M. (2019). Creating the Habit of Recycling in Early Childhood: A Sustainable Practice in Spain. Sustainability, 11(22), 6393. https://doi.org/10.3390/su11226393

Conke, L. S. (2018). Barriers to waste recycling development: Evidence from Brazil. Resources, Conservation and Recycling, 134, 129–135. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2018.03.007

Khairunnisa, A., Suryadi, A., Hufad, A., & Wahyudin, U. (2022). Installing a Waste Care Education Program from an Early Age. Journal of Hunan University Natural Sciences, 49(12), 304–309. https://doi.org/10.55463/issn.1674-2974.49.12.31

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosda Karya.

Listyowati, A. (2018). Kemampuan Mengeksplorasi Bahan Bekas pada Mahasiswa PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya melalui Project Based Learning. In Jurnal HELPER, 35(2). https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no2.a2261

Marlina, S. Pd. , M. S. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif.

Merewether, J., Blaise, M., Pitchford, K., & Giamminuti, S. (2023). Unsettling “reduce-reuse-recycle”: the provocation of wastepaper and “discarding well.” The Journal of Environmental Education, 54(3), 199–212. https://doi.org/10.1080/00958964.2023.2179585

Mohamad, R. H., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Nurhayati, Jamaris, & Marsidin, S. (2022). Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School. https://ijhess.com/index.php/ijhess/

Nurhayati, W. (2023). Aku Sayang Bumi: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-kanak Aya Sophia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 324–331. https://youtu.be/LPKToHZ5fuI

Putri. (2025). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Proyek Tema Aku Sayang Bumi. 7(2), 199–206. https://doi.org/10.23917/ecrj.v7i2.10529

Suharni, S., Wahyuni, S., & Astri, Y. (2021). Improving Environmental Care Attitudes of Early Childhood By Utilizing Recycled Materials. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2017–2024. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.783

Suryana, D., Yulia, R., & Safrizal. (2021). Model of Questioning Skill Teacher for Developing Critical Thinking Skill in Early Childhood Education in West Sumatra, Indonesia. Educational Sciences: Theory and Practice, 21(2), 101–114. https://doi.org/10.12738/jestp.20212.007

Sutisnawati, A., Suryani Lukman, H., & Muhammadiyah Sukabumi, U. (2022). Pengembangan Aplikasi Kopi D’lima Untuk Pembelajaran Merdeka. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3268

Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in Elementary School Education with Project-Based Learning Approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 456–464. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1280

Wee, S.-J., Kim, K. J., & Lee, Y. (2019). ‘Cinderella did not speak up’: critical literacy approach using folk/fairy tales and their parodies in an early childhood classroom. Early Child Development and Care, 189(11), 1874–1888. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1417856

Wiyani, N. A., Saifuddin, Z. K. H., Purwokerto, J., & Tengah, I. (2023). Kegiatan Parenting Berbasis P5 dalam Kurikulum Merdeka pada Lembaga PAUD di Pedesaan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1142–1151. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4501

Wulansari, S. . (2023). Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Islam pada Dimensi Bernalar Kritis untuk Usia 5-6 Tahun di TK Islam Hidayatullah Semarang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 519–528. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3304

Diterbitkan

2025-11-28